5 Cara Jitu Mengatasi Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

  • Bagikan
freepik

KEKER. FAJAR. CO. ID- Hai Sobat KeKeR. Anda sering mengalami sakit kepala saat bangun tidur? Jika iya, yuk kita lihat cara mengatasi sakit kepala saat bangun tidur!

Penyebab sakit kepala saat bangun tidur disebabkan karena dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab kepala menjadi pusing. Dehidrasi atau kurang minum air putih akibat tidur atau terlalu banyak minum kopi, teh, dan minuman beralkohol menjelang waktu tidur, dapat menurunkan volume dan tekanan darah dalam tubuh.

Ketika kondisi ini terjadi, otak tidak mendapatkan cukup darah sehingga menyebabkan pusing. Selain menjadi penyebab kenapa bangun tidur kepala pusing, dehidrasi juga bisa membuat mulut Anda menjadi kering dan merasa sangat haus saat bangun tidur.

Untuk itu berikut cara untuk mengatasi sakit kepala saat bangun tidur, dilansir dari alodokter:

1. Hentikan aktivitas dan duduk atau berbaringlah untuk meredakan sensasi pusing yang dirasakan.

2. Ubah posisi secara perlahan, misalnya dengan duduk terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum bangun dari tempat tidur.

3. Cukupi konsumsi air putih, setidaknya 8 gelas per hari.

4. Lakukan gerakan Epley maneuver untuk mengatasi BPPV.

5. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung 15 gram karbohidrat untuk menaikkan kadar gula darah, seperti 1 sendok makan madu dan ½ buah pisang.

Nah sobat KeKeR itulah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah sebagai pertolongan pertama saat mengalami sakit kepala. Bila Anda sudah melakukan perawatan sederhana di atas tetapi keluhan pusing tidak juga mereda atau sering kambuh, jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat memastikan penyebab kenapa bangun tidur kepala pusing dan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. Yuk hidup sehat dan semoga bermanfaat.

Den Santi, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan