5 Cara Tradisional yang Ampuh Meredakan Nyeri Haid, Wajib Kamu Coba

  • Bagikan
freepik

KEKER. FAJAR. CO. ID- Hai Sobat KeKeR. Setiap perempuan yang sudah memasuki masa pubertas tentunya sudah mengalami datang bulan atau haid. Nyeri haid sudah terbiasa bagi kaum perempuan ketika seringkali otot-otot rahim mengalami kontraksi dan menyebabkan rasa nyeri yang terkadang tak tertahankan.

Namun terdapat beberapa cara tradisonal meredakan nyeri haid yang aman dan efektif yang dapat sobat coba. Mengompres perut, olahraga ringan, atau mengonsumsi suplemen adalah beberapa cara mengurangi nyeri haid.

Dilansir dari Siloam Hospitals simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya tentang cara mengatasi nyeri haid.

1. Mengompres Perut dengan Air Hangat

Jika haid terasa begitu menyakitkan, sobat dapat mencoba mengompresnya dengan benda hangat. Isilah botol kaca dengan air hangat lalu letakkan di atas perut sebagai kompres. Hindari mengompres langsung botol panas ke perut dan gunakan kain untuk melapisi kulit.

2. Akupuntur

Akupuntur adalah pengobatan tradisional menggunakan jarum tipis yang ditancapkan pada titik-titik tertentu di tubuh. Tujuannya untuk merangsang saraf di bagian tertentu. Akupuntur diketahui mampu meredakan kram akibat haid.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cara meredakan nyeri haid selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Kram saat haid bisa jadi karena sobat dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Oleh karena itu, sobat disarankan untuk minum air putih kurang lebih 2 liter per harinya.

4. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan merupakan cara mengatasi nyeri haid berikutnya. Cobalah mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan kandungan gizi lainnya.

5. Melakukan Olahraga Ringan

Ketika sedang mengalami nyeri haid, kebanyakan orang akan memilih berdiam diri atau tidur. Padahal, olahraga ringan bisa menjadi cara meredakan nyeri haid yang cukup efektif. Seperti jalan-jalan santai di pagi hari.

Den Santi, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan