Jangan di Skip, Berikut 9 Manfaat Air Kelapa untuk Buka Puasa yang Sayang Untuk Dilewatkan

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKer, air kelapa adalah salah satu minuman yang laris manis setiap bulan puasa Ramadhan. Rasanya yang sedikit manis dan gurih, air kelapa seperti minuman istonik alami.

Dilansir dari Kompas.com, cairan buah kelapa ini dikemas dengan sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan.

Faktanya, air kelapa memang sangat cocok untuk mengembalikan cairan tubuh, seperti yang dikutip dari Very Well Health. Sehingga selain air putih, minum air kelapa biasa menjadi tips puasa agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Air kelapa lebih rendah gula dibandingkan kebanyakan minuman olahraga dan mengandung karbohidrat, yang dapat membantu meningkatkan fungsi otot.

Dikutip dari Medical News Today, tubuh yang terhidrasi kembali setelah minum air kelapa saat buka puasa bisa mendapatkan manfaat yaitu sebagai berikut.

1.Tingkat energi meningkat

2.Kerja pencernaan lancar

3.Kognisi meningkat

4.Nyeri sendi mereda

5.Berat badan terkontrol

6.Pembentukan batu ginjal dapat dicegah

7.Suhu tubuh terjaga

8.Sakit kepala berkurang

9.Kesehatan jantung meningkat

Selain itu, minum air kelapa tanpa pemanis tambahan dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darahnya. Namun, air kalapa sudah mengandung gula alami, sehingga penderita diabetes tetap harus membatasi diri untuk meminumnya.

Alfina Ali Dollah, Mahasiswa Fbs, Universitas Negeri Makassar. Saat ini dalam program Magang Jurnalistik di FAJAR.

  • Bagikan