5 Aplikasi Android untuk Mempercepat Presentasi

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuuu SoKeR, kamu pasti sering memberikan presentasi di sekolah atau kampus? Kamu mungkin sudah familiar dengan pembuatan dan penyajian materitersebut.

Namun, membawa laptop untuk pengeditan cepat saat bepergian atau dalam rapat tidak selalu praktis. Untungnya, ada beberapa aplikasi di Play Store yang memungkinkan kamu membuat dan menyelesaikan presentasi langsung dari perangkat Android kamu.

Melansir beritasatu.com, berikut adalah lima aplikasi presentasi terbaik untuk Android yang mungkin ingin kamu coba.

1. Google Slides

Jika kamu sering menggunakan produk Google lainnya seperti Drive atau Meet, Google Slides mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk kamu.

Aplikasi ini terintegrasi dengan baik dengan produk Google lainnya. Kamu bisa membuat presentasi langsung di Google Slide, dan presentasi secara otomatis disimpan ke Google Drive.

Kamu juga bisa membagikan presentasi Anda langsung di Google Meet tanpa harus menginstal aplikasi konferensi video terpisah.
Selain itu, kamu bisa menghubungkan Google Slide ke Google Kalender untuk mulai melakukan presentasi dalam rapat yang dijadwalkan di Google Meet.

Fitur menarik lainnya adalah sesi tanya jawab langsung, yang memungkinkan kamu menampilkan pertanyaan di layar selama presentasi.

2. Microsoft PowerPoint

PowerPoint adalah salah satu platform presentasi paling populer untuk desktop dan perangkat seluler. Aplikasi seluler Microsoft PowerPoint memiliki fitur yang sama dengan versi desktop dan web, sehingga kamu tidak akan mengalami masalah dalam menavigasi dan menggunakan aplikasi.

Kamu akan menemukan hampir semua alat pengeditan yang biasa digunakan di versi desktop dan web, termasuk beragam tata letak, pemformatan teks, tema, transisi, animasi, dan banyak lagi.

PowerPoint juga disinkronkan dengan OneDrive secara real-time, sehingga memudahkan peralihan antar perangkat saat mengedit.

3. WPS Office

WPS Office adalah alternatif yang terjangkau untuk Microsoft PowerPoint. Aplikasi untuk membuat dan mengedit presentasi ini menawarkan banyak template yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan kamu.

Modelnya bermacam-macam, mulai dari laporan pelatihan, bisnis hingga pekerjaan. Kamu juga bisa membuat perubahan dasar seperti gaya teks, transisi, animasi, dan lainnya.

Bahkan, kamu bisa menambahkan konten tambahan ke slide kamu, seperti gambar, musik latar, audio, video, tabel, dan bagan.

4. Canva

Selain dikenal sebagai aplikasi pengeditan gambar, Canva juga merupakan platform hebat untuk membuat dan mengedit presentasi di perangkat seluler.

Antarmuka intuitifnya membuatnya mudah digunakan, meskipun berbeda dari program presentasi lama seperti PowerPoint, program ini juga menawarkan beragam templat yang dapat disesuaikan agar sesuai dengan gaya dan tema berbeda, dan menawarkan berbagai fitur terintegrasi seperti kode QR.

5. Pembuat Presentasi

Pembuat Presentasi mirip dengan Canva dalam banyak hal, terutama dalam antarmuka dan fiturnya. kamu bisa menambahkan berbagai elemen ke slide kamu, seperti grafik, teks, video, dan gambar. Slide juga dapat diunduh dalam berbagai format seperti JPG, PNG atau PDF.

Meskipun alat presentasinya mungkin lebih mendasar dibandingkan aplikasi lain, Presentation Creator dapat menjadi alternatif menarik untuk membuat presentasi di perangkat Android kamu.

Shabrina Indriani Herman Mahasiswa Universitas Negeri Makassar yang sedang melakukan magang di Fajar.

  • Bagikan