Jaga Kesehatan Mata, Begini Tingkat Kecerahan Layar Ponsel yang Ideal

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Tiada hari tanpa memainkan gadget. Ya, tak hanya gen Z saja, saat ini hampir semua orang memiliki dan menggunakan lebih dari delapan jam sehari.

Banyak yang percaya bahwa menjaga kecerahan layar gadget pada pengaturan seminimal mungkin adalah hal yang ideal untuk dilakukan. Faktanya, banyak yang tetap mengaktifkan mode malam ponsel mereka bahkan di siang hari. Namun, para ahli kacamata tidak sependapat.

Jika kecerahan gadget terlalu rendah, maka akan membuat mata jadi lelah loh. Meskipun hal ini tidak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang, namun dapat menyebabkan sakit kepala.

Sebaliknya jika tingkat kecerahan layar gadgetmu terlalu terang lebih dari 50 persen, maka berisiko terkena iritasi mata dan penyakit mata permanen.

Dikutip dari grid.id, kecerahan layar gadget yang ideal itu tergantung pada cahaya disekitar. Aturannya, kamu harus memastikan bahwa tingkat kecerahan layar gadgetmu harus setara dengan cahaya di sekitarmu. Dengan begitu mata kamu tidak harus bekerja lebih keras.

Salah satu hal penting yang harus diingat yaitu kamu harus menghindari penggunaan gadget saat ingin tidur karena penggunaan ponsel bisa mengganggu waktu tidurmu dengan mempengaruhi hormon melatonin.

Metode 20:20:20 itu bagus untuk mengurangi kelelahan mata akibat terlalu lama menatap gadget, Itu memberikan waktu bagi mata untuk beristirahat. Maksudnya menatap layar gadget selama 20 menit, kemudian istirahat selama 20 detik dengan melihat obyek yang berjarak sekitar 20 kaki atau sekitar 6 meter untuk memberi waktu bagi mata untuk beristirahat sejenak.

~ Nur Zakiatil Khashashah

  • Bagikan

Exit mobile version