Mahasiswa Universitas Puangrimaggalatung (UNIPRIMA) Melakukan Kunjungan di Redaksi Harian FAJAR

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Mahasiswa Universitas Puangrimaggalatung (UNIPRIMA) melakukan kunjungan Benchmarking di redaksi Harian Fajar, Senin, 3 Juni.

Tujuannya untuk mendapatkan wawasan praktis tentang dunia jurnalistik dan media massa. Mahasiswa yang melakukan kunjungan berjumlah 126 orang dan didampingi oleh dosen yang berjumlah 19 orang.

Putra Juniarta Naes, Fakultas Ilmu Sosial Prodi Administrasi Publik, bilang, kunjungan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat secara langsung bagaimana proses kerja di sebuah redaksi surat kabar, mulai dari peliputan berita, penulisan artikel, hingga penerbitan.

“Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa mengenai dinamika industri media serta memberikan pengalaman nyata yang bisa mendukung pembelajaran teori di kampus,” cuap Putra sapaannya.

Dari kunjungan ini, beberapa hal yang mahasiswa UNIPRA dapatkan antara lain pemahaman proses kerja yakni mahasiswa mendapatkan gambaran jelas mengenai proses kerja di redaksi, termasuk bagaimana berita dikumpulkan, diproses, dan akhirnya diterbitkan.

“Mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para jurnalis dan editor, sehingga mereka bisa belajar dari pengalaman dan pengetahuan para profesional tersebut, mahasiswa bisa melihat teknologi dan perangkat yang digunakan dalam dunia jurnalistik modern, serta memahami tantangan dan dinamika yang dihadapi oleh industri media saat ini,” terangnya.

“Inspirasi dan motivasi juga yang bisa kami dapatkan, dengan melihat kerja keras dan dedikasi para jurnalis bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa untuk lebih serius dalam mengejar karir di bidang jurnalistik atau media massa, kunjungan ini juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk membangun jaringan dengan profesional di bidang jurnalistik, yang bisa bermanfaat untuk karir mereka di masa depan,” tambahnya.

Setelah berkunjung di redaksi Harian Fajar, perasaan yang muncul bisa beragam, tetapi beberapa perasaan umum yang mungkin dirasakan antara lain terkesan, terinspirasi, teredukasi, termotivasi, dan bersyukur.

“Dengan demikian, kunjungan ke redaksi Harian Fajar bukan hanya sekedar perjalanan studi atau benchmarking, tetapi juga pengalaman yang memperkaya dan membentuk perspektif mahasiswa mengenai dunia jurnalistik dan media massa,” paparnya.

Indah Sari Aloanis, mahasiswi Universitas Puangrimaggalatung (UNIPRIMA), bilang, kunjuangan fajar merupakan hal yg wajib kita tau sebagai mahasiswa.

“Wajib kita tau karena kita bisa mendapatkan ilmu yaitu bagaimana cara di mana berita, informasi penting, baik itu melalui surat kabar atau disiarkan di tv,” cuap Indah.

Wakil Rektor III Dr., Ir., Muh. Hasbi Abbas., ST., MT., MM, mengatakan bahwa, pertama-tama benchmarking adalah semacam kuliah kompratif khususnya administrasi publik semester 6 yang telah menjalani magang mandiri dan dilengkapi dengan kegiatan benchmarking.

“Benchmarking ini bukan hanya di Harian Fajar sebagai salah satu industri pers tetapi kami juga mengunjungi perguruan tinggi, kalau tadi pagi kami mengunjungi universitas fajar setelah itu kami mengunjungi DPRD provinsi supaya mahasiswa juga mengetahui tentang perkembangan birokrasi,” jelasnya.

Harapann wakil rektor III UNIPRA yakni terkait dengan program kampus merdeka, nanti lulusannya tidak mengenal hanya bidang keilmuannya saja tetapi juga mampu mengintergrasikan dengan bidang keilmuan yang lain dengan melihat sesuatu yang diluar kampusnya.

“Mengamati dan mendapatkan suatu hal yang kira-kira bukan hanya yang ada dikampusnya saja tetapi juga keterkaitan ilmu-ilmu lain dan ilmu-ilmu yang didapatkan dikampus. Harapannya lagi, mudah-mudah lulusannya nanti itu bisa siap dalam artian siap terjun ke masyarakat, bisa dapat kerja yang baik sesuai dengan harapan mahasiswa, orangtua, dan semuanya,” terangnya.

Terkait dengan kunjungan, harian fajar selalu memberikan kesan yang baik khususnya mahasiswa UNIPRA yang baru melihat industri pers khususnya media cetak.

“Pasti kesannya pertama, kami pimpinan merasa berterima kasih telah diterima dengan baik disini untuk agar mahasiswa kita itu bisa menambah wawasan dan ilmu, pesannya nanti mudah-mudahan bisa bekerja sama dengan lebih baik lagi, kemudian uniprima juga bisa tereskpos dengan baik dan alhamdulillah selama ini bekerja sama dengan fajar dan diterima dan terekspos dengan baik,” pungkasnya.

~ Reporter: Nur Zakiatil Khashashah

  • Bagikan