Ini Loh 5 Tips Memutihkan Dark Spot Pada Lutut dan Siku

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Holaa sobat KeKeR, dark spot pada lutut dan siku, atau bagian kulit yang lebih gelap dibandingkan sekitarnya, sering terjadi karena beberapa alasan.

Area lutut dan siku cenderung mengalami gesekan dan tekanan lebih sering dibandingkan bagian tubuh lainnya. Misalnya, saat kita berlutut atau bersandar pada siku, kulit di area tersebut mengalami iritasi yang berulang kali dan menumpuk sel-sel kulit mati. Akibatnya, kulit bisa menjadi lebih gelap.

Selain itu, kulit pada lutut dan siku cenderung lebih kering, yang juga bisa menyebabkan perubahan warna. Jika kulit kering, ia lebih mudah mengalami hiperpigmentasi. Matahari juga berperan besar dalam hal ini.

Paparan sinar matahari tanpa perlindungan dapat meningkatkan produksi melanin, pigmen yang membuat kulit lebih gelap.

Nah, dilansir dari halodoc, beberapa cara memutihkan siku dan lutut.

1. Lemon

Bagi jeruk lemon menjadi dua, lalu usapkan pada area siku dan lutut. Namun, perhatikan. Sebaiknya kamu tidak mengoleskan lemon pada area luka yang terbuka karena bisa menimbulkan rasa perih. Kamu bisa melakukan cara ini rutin sebelum tidur malam. Lalu, bilas dengan air bersih esok harinya.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya kerap digunakan sebagai produk perawatan rambut. Namun, bahan alami ini ternyata juga sangat baik untuk membantu mencerahkan siku dan lutut yang menghitam. Cara menggunakannya juga tidak sulit, kok.

Kamu hanya perlu membagi lidah buaya menjadi dua. Lalu, ambillah gel yang ada di bagian dalamnya, oleskan pada area siku dan lutut yang menghitam. Lidah buaya dapat menjadi pelembap kulit alami untuk membantu mengurangi bagian gelap kulit apabila dipakai secara teratur.

3. Gula

Tak sedikit orang yang belum mengetahui bahwa gula tak hanya dipakai untuk menambah rasa manis. Sebab, gula bisa dimanfaatkan untuk membantu proses pelepasan atau pengelupasan kulit.

Coba campurkan gula dan minyak zaitun, kemudian oleskan pada area yang gelap, seperti siku dan lutut. Tekstur kasar yang dimiliki gula dapat berperan sebagai scrub alami guna mengangkat sel kulit mati pada bagian tersebut.

4. Minyak Kelapa

Beberapa orang beranggapan, sebagian besar jenis minyak dapat dipakai untuk pelembap alami kulit. Nyatanya, hanya beberapa jenis yang bisa membantu mencerahkan kulit, salah satunya adalah minyak kelapa.

Selesai mandi, kamu bisa menggunakan minyak tersebut secara merata pada area yang memiliki warna lebih gelap. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Soda Kue

Selain gula, kamu juga bisa membuat scrub dari soda kue. Caranya, campurkan soda kue dengan air secukupnya hingga teksturnya sedikit mengental. Lalu, oleskan pada siku dan lutut. Scrub ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di kulit tangan, kaki, bahkan kulit wajah.

Itu tadi beberapa cara memutihkan siku yang menghitam yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Segera hentikan penggunaan apabila terjadi iritasi pada kulit.

~ Nur Zakiatil Khashashah

  • Bagikan

Exit mobile version