4 Cara Membangun Kepercayaan Diri, Ubah Pola Pikir

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo sobat KeKeR! Sering kali jika kita melihat kesuksesan dan pencapaian orang lain kita selalu berandai andai “kapan yaa aku bisa seperti itu” “aku takut untuk mencoba”.
Tahukah kamu bahwa itu tanda bahwa kepercayaan diri kamu melemah lho sobat KeKeR.

Kita selalu merasa insecure dengan apa yang ada dalam diri kita, hal itu menyebabkan kepercayaan diri kita semakin menurun.

Untuk meraih cita-cita yang kita inginkan, kita memerlukan kepercayaan diri yang tinggi agar kita merasa sanggup untuk menjalani segala masalah yang ada kedepannya.

Ini dia 4 cara membangun kepercayaan diri dilansri dari laman greatnusa.com!

1. Ubah Pola Pikir

Kepercayaan diri kita menurun karena pola pikir kita yang selalu negatif dengan diri sendiri, cobalah untuk mengidentifikasi pola pikir yang ada dalam pikiranmu dan cobalah ganti dengan pola pikir positif dan membangun.

Tentu mengubah pola pikir tidaklah mudah, kamu perlu menanamkan pola pikir positif secara teratur dalam kehidan sehari-hari kamu, jika kamu melakukannya makan perlahan pola negatif tersebut menghilang.

2. Fokus Pada Kelebihan Diri

Kamu terlalu fokus pada kekurangan yang ada pada dirimu tanpa melihat bahwa kamu juga punya kelebihan. Kamu harus mengubah fokusmu kepada kelebihan yang kamu miliki dan berusaha untuk meningkatkan kelebihan yang kamu miliki untuk mencapai kesuksesan dimasa depan.

3. Kelola Perasaan dan Emosi

Kepercayaan kita juga dipengaruhi perasaan dan emosi yang ada dalam hidup kita. Apabila emosi yang kamu salurkan selalu negatif maka kamu akan merasa kurang mampu dalam menghadapi semua hal dalam kehidupan. Mulailah mengenali emosi negatif yang ada pada dirimu seperti kecemasab, rasa takut, atau rasa sedih.

Jika kamu sudah mengenalinya maka kamu perlu memikirkan solusi untuk mengatasi emosi yang negatif itu, salah satu contohnya yaitu dengan mencoba melakukan healing dengan liburan ke beberapa destinasi wisata alam.

4. Ambil Langkah Untuk Membangun Kepercayaan Diri

Kamu juga perlu untuk mengambil tindakan dan memulai langkah pertama dalam membangun kepercayaan dirimu. Hilangkan rasa takut akan gagal, kegagalan dapat menjadi pelajaran berharga dan dapat menjadi proses agar kamu dapat berkembang dengan baik.

Itulah beberapa tips membangun kepercayaan diri, jangan lupa bahwa kita harus selalu memikirkan hal positif agar bisa melakukan kegiatan yang positif juga ya sobat KeKeR!

  • Bagikan