7 Tips Mengatur Ekspresi Wajah dan Bagaimana Kata Ahli Tentang Mengungkap Perasaan Sebenarnya

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haii Sobat KeKeR, ekspresi wajah sering kali dianggap lebih akurat menunjukkan apa yang sebenarnya dirasakan seseorang. Sebab ucapan bisa saja tidak sepenuhnya bisa jujur.

Siswa SMAN 13 Gowa, Reski Aditya mengungkapkan, ekspresi wajah sering kali mencerminkan perasaan yang sebenarnya.

“Misalnya, ketika seseorang merasa cemas, mereka biasanya tidak bisa menyembunyikan ketegangan di wajahnya. Saya sering lihat bahwa ekspresi wajah seseorang lebih jujur tentang perasaan mereka dibandingkan dengan apa yang mereka katakan,” cuap Reski.

Menurut Shiva Mutiara Utami dari SMAN 2 Makassar, seseorang yang mengatakan dirinya baik-baik saja, namun ekspresi wajah sebaliknya, itu artinya dia sedang menutupi kondisi sebenarnya.

“Misalnya, teman saya tersenyum tapi matanya tampak sedih, dan itu memberi tahu saya lebih banyak tentang perasaannya daripada kata-katanya,” ujar Shiva.

Dalam konteks psikologi, istilah “Face with Subtitle” mungkin tidak umum digunakan. Secara harfiah, istilah tersebut mengacu pada penambahan keterangan yang membantu menginterpretasikan emosi di balik ekspresi wajah.

“Ini bisa merujuk pada situasi di mana ekspresi wajah seseorang dijelaskan atau diberi konteks tambahan untuk memperjelas makna emosionalnya,” terang Dosen Fakultas Psikologi Universitas Bosowa, Sulasmi Sudirman, SPsi, MA.

“Ekspresi wajah memainkan peran penting dalam komunikasi nonverbal dan dapat menyampaikan berbagai emosi seperti kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, ketakutan, kejutan, dan jijik,” imbuh Sulasmi.

Tips Mengontrol Ekspresi Wajah

1. Kenali Emosi Kamu

Langkah pertama untuk mengontrol ekspresi wajah adalah dengan mengenali emosi yang sedang kamu rasakan. Dengan memahami apa yang kamu rasakan, kamu dapat lebih mudah mengendalikannya dan mencegahnya tercermin di wajah kamu.

2. Latihan di Depan Cermin

Menghabiskan waktu di depan cermin untuk berlatih berbagai ekspresi wajah bisa sangat membantu. Cobalah untuk membuat wajah netral atau menampilkan ekspresi yang diinginkan. Dengan berlatih, kamu akan menjadi lebih sadar akan ekspresi wajah kamu dan lebih mampu mengendalikannya.

3. Kontrol Pernapasan

Mengendalikan pernapasan dapat membantu menenangkan diri dan, dengan demikian, mengontrol ekspresi wajah. Pernapasan dalam dan lambat dapat mengurangi ketegangan dan membantu kamu tetap tenang.

4. Pelajari Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dapat membantu kamu mengelola stres dan emosi, sehingga lebih mudah untuk mengontrol ekspresi wajah.

5. Fokus pada Postur Tubuh

Postur tubuh yang baik dapat membantu kamu merasa lebih percaya diri dan tenang. Ketika kamu merasa lebih baik secara fisik, ini akan tercermin dalam ekspresi wajah kamu.

6. Gunakan Visualisasi

Bayangkan diri kamu dalam situasi yang memerlukan kontrol ekspresi wajah. Visualisasikan bagaimana kamu akan bereaksi dan latihlah ekspresi wajah yang sesuai. Teknik ini dapat membantu kamu merasa lebih siap ketika situasi nyata terjadi.

7. Pikirkan Sesuatu yang Menyenangkan

Jika kamu merasa sulit untuk mengontrol ekspresi wajah karena emosi negatif, cobalah untuk mengalihkan pikiran kamu ke sesuatu yang menyenangkan atau lucu. Ini dapat membantu mengubah ekspresi wajah kamu menjadi lebih positif.

  • Bagikan