Alat Pembakaran Sederhana ala Siswa SMKN 5 Makassar

  • Bagikan
Muh Desta, SMKN 5 Makassar

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuuu, yuk kenalan dengan Muh Desta, dari SMKN 5 Makassar. Doi menciptakan sebuah alat pembakaran multifungsi yang sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga.

Produk tersebut diciptakan sebagai bagian dari tugas sekolah dan dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan dapur.

Desta menjelaskan, bahwa tujuan utama pembuatan alat ini adalah sebagai tugas sekolah. Namun, ia juga menekankan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari alat ini.

“Saya berpikir banyak manfaatnya digunakan untuk kebutuhan aktivitas dapur sehari-hari,” cuap Desta.

Proses pembuatan alat ini dimulai dengan pengukuran bahan sesuai dengan gambar desain. “Kita mengukur sesuai ukuran yang dituliskan dalam gambar, setelah diukur kita lanjut memotong benda sesuai ukuran yang sudah kita ukur,” jelasnya.

Setelah pemotongan, bahan dilipat menggunakan mesin pelipat, dilanjutkan dengan pengeboran, dan akhirnya dirakit menggunakan paku tindik.

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan pembakaran ini adalah plat besi dan besi beton. Alat yang digunakan dalam proses pembuatan antara lain gurinda, las, palu, bor, mesin penjepit, penindik, penggaris, dan penggores.

Produk ini dapat digunakan untuk membakar berbagai jenis makanan seperti ikan, ayam, daging, dan jagung. Desta menambahkan, bahwa meskipun produk kerajinannya sederhana, hasil masakannya memiliki cita rasa yang lebih baik dibandingkan dengan alat modern yang ada di pasaran.

Guru Pendamping, Dra Immi, menekankan pentingnya disiplin, karakter, dan kejujuran dalam mendampingi siswa membuat karya.

“Tantangan dan hambatannya adalah di antara sekian banyak siswa mungkin ada dari mereka belum beradaptasi dengan lingkungan kerja. Jadi perlu pendampingan khusus,” terangnya.

Selain itu, peralatan yang digunakan juga menjadi perhatian. Terutama jika terjadi kerusakan atau kurang berfungsi dengan baik. (*)

REPORTER NURPADILA

EDITOR YUKEMI KOTO

  • Bagikan