Siswa MAN 2 Kota Makassar Sukses Raih Medali IABO 2024

  • Bagikan
Siswa MAN 2 Kota Makassar sukses raih medali IABO 2024

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR! Ayo kita kenalan dengan Muhammad Khalid Al Hafi dari MAN 2 Kota Makassar. Doi berhasil memulangkan medali bronze dalam International Applied Biology Olympiade 2024 di Bali.

Internasional Applied Biology Olympiade atau IABO adalah sebuah lomba internasional yang berfokus pada bidang biologi yang diselenggarakan oleh Indonesian Scientific Society.

Lomba ini memiliki beberapa penyisihan, para siswa diseleksi dengan menjawab beberapa soal pilihan ganda dan studi kasus.

Babak penyisihannya pun dilakukan secara online. Setelah dipilih beberapa siswa maka mereka dibawa untuk melaksanakan babak grand final secara offline di Bali.

Khalid berhasil lolos ke babak grand final dan memenangkan medali bronze. Doi sebenarnya tidak percaya diri tapi orang tua selalu mendukungnya.

“Waktu penghargaan juga, setelah saya mendapatkan medali perak, dalam hati saya mengatakan ‘yah, cuma perak’. Tapi mama bilang apapun hasilnya, yang penting usaha dan pengalaman yang didapatkan dari kegiatan itu,” cuapnya.

Khalid mengaku bahwa banyak sekali benefit yang dapat diperolehanya selama kompetisi berlangsung. Ia bisa bertemu dengan orang-orang yang sangat hebat dari beberapa daerah, bahkan negara.

“Saya bisa bertukar cerita dan pengalaman dengan peserta lainnya sehingga membuat saya termotivasi untuk terus mengembangkan diri. Senang juga rasanya mendapat dukungan yang sangat meriah dari sekolah,” katanya.

Ibunda dari Khalid, Aisyiah Syamti Syam mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh anaknya tercinta.

“Alhamdulillah, Allah memberikan kesempatan untuk Khalid ikut dalam lomba ini. Bangga dan senang tentu saja. Ini menjadi pengalaman dan pembelajaran untuk kedepan buat ananda. Semoga ke depannya lebih banyak prestasi yang didapatkan,” kata Aisyiah.

Khalid berharap, dengan memenangkan lomba ini dapat menjadi awal dari dirinya yang dapat berkembang secara terus menerus. (*)

REPORTER AURA AWALIANI PUTERI

EDITOR YUKEMI KOTO

  • Bagikan