Roadshow Goes to School Bioskop Kampus 2024 Liga Film Mahasiswa UNHAS, Diskusi dan Nonton Bareng Film Lokal

  • Bagikan
Liga Film Mahasiswa Universitas Hasanuddin

KEKER.FAJAR.CO.ID – Liga Film Mahasiswa Universitas Hasanuddin mengadakan Roadshow Road to Bioskop Kampus 2024 di SMKN 1 MAKASSAR dan SMAN 5 Makassar, 18-19 Juli.

Bioskop Kampus merupakan program besar dari Liga Film Mahasiswa Universitas Hasanuddin yang akan mewadahi, menampilkan karya dari sineas lokal sebagai bentuk apresiasi kami di dunia perfilman.

Acara ini terdiri dari rangkaian pra-event Roadshow di sekolahan serta main-event selama dua hari berupa pemutaran film, diskusi dengan para sineas, games, bahkan awarding di malam terakhir. Tahun ini, Bioskop Kampus mengusung tema “Layar Bicara: Sinema Refleksif dan Fiksi” dengan harapan film-film lokal berusaha mengeksplorasi bagaimana dunia perfilman dapat memenuhi presepsi di sekitar masyarakat melalui isu-isu sosial yang masih saja harus dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Roadshow Goes to school Bioskop Kampus ini merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan karya-karya film yang diproduksi di Sulawesi Selatan. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memperluas jangkauan dan eksposur karya-karya film untuk pelajar dan mahasiwa.

Kegiatan tersebut diisi dengan mini workshop yang mencakup berbagai aspek pembuatan film, mulai dari teknik pengambilan gambar (cinematography) di hari pertama dan penulisan skenario (scriptwriting) di hari kedua.  Dalam workshop ini, para siswa berkesempatan untuk belajar dari narasumber yang ahli di bidangnya. Tentu tidak hanya feedback yang diberikan, namun juga pelatihan praktik, sehingga para siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dalam proses pembuatan film. Selain itu, kegiatan ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab, di mana peserta dapat berkonsultasi dan berbagi pengalaman dengan para narasumber.

Gak cuma mini workshop aja, kegiatan tersebut juga menampilkan film-film pendek karya LFM-UH  yang telah memenangkan beberapa penghargaan. Film pendek yang ditampilkan yaitu Mangkat (2023) serta  Gaung-Gaung Jemari (2023.)

“Roadshow Goes to School Bioskop Kampus 2024 itu penting karena anak-anak sekolah suka dengan sesuatu yang berbau dengan konten dan entertainment. Juga menurut saya bioskop kampus itu acara yang sangat menarik di kalangan anak sekolahan, dan juga bisa membuat mereka lebih aware bahwa tidak hanya menonton saja tapi mereka jadi tahu hal-hal yang membuat sebuah film itu bagus. Jadi dengan roadshow ini mereka tidak hanya sekedar menonton, tetapi juga mengetahui bagaimana sih bercerita melalui sebuah film,” kata Ning Aini, Narasumber Mini Workshop Roadshow Goes to School.

Semoga kegiatan Roadshow: Goes to School Bioskop Kampus 2024 dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang dan mengundang sekolah-sekolah lain untuk ikut berpartisipasi.

Nurzamzam

  • Bagikan

Exit mobile version