Generasi Strawberry, Kenali 4 Ciri-ciri Mental Health pada Gen Z

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halooo Soker, siapa nih yang merasa gen z atau biasa dikenal dengan generasi strawberry, pasti kalian udah nggak asing dong dengan istilah tersebut. Sebenarnya apa sih gen z atau generasi strawberry itu?

Jadi gen Z itu adalah generasi yang tumbuh di tengah era teknologi dan internet, sebetulnya istilah itu diambil dari karakteristik atau pola pikir generasi itu sendiri, sama halnya dengan strawberry memiliki kulit yang tipis namun mempunyai rasa kuat di dalamnya.

Itulah mengapa generasi ini mudah terkena yang namanya mental health atau gangguan pada kesehatan mental, yuk kenali ciri-cirinya jangan sampai soker mengalami namun tidak sadar akan hal itu.

1. Mood Swing

Perubahan suasana hati dengan cepat atau gen z lebih mengenalnya dengan istilah mood swing, salah satu ciri ini banyak dari kalian yang menganggap sepele namun jika dibiarkan akan berdampak buruk loh guys. Seperti dari suasana hati yang tadinya senang tiba-tiba sedih, marah, bahkan ada yang kehilangan semangat untuk melakukan apapun.

2. Kecemasan Berlebihan

Seseorang yang mengalami mental health akan mengalami kecemasan/rasa takut yang berlebih-lebihan terhadap sesuatu, atau respon yang ia berikan tidak wajar. Menyalahkan diri sendiri pada sesuatu yang kenyataannya belum terjadi, hingga berdampak buruk pada fisik seperti mual, tangan bergetar bahkan sesak napas.

3. Pola Tidur yang Berantakan

Siapa nih, diantara kalian mempunyai jam tidur yang berantakan atau bahkan sulit untuk tidur. Waktu yang seharusnya dipergunakan untuk istirahat justru para gen z menjadikan waktu untuk memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang belum tentu terjadi.
Generasi ini biasanya memberi istilah waktu rawan atau jam-jam over thinking. Yaitu waktu dimana ia memikirkan segala sesuatu secara berulang-ulang hingga kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

4. Sulit untuk Konsentrasi

Seseorang yang mengalami mental health akan sulit untuk berkonsentrasi, seperti hilangnya fokus yang berdampak pada kurangnyanya pemahaman baik akademi maupun kesulitan untuk memahami lingkungan sekitar serta hilangnya kemampuan untuk menyelesaikan masalah.

Nah itulah beberapa ciri-ciri Mental Health yang sering terjadi pada Gen Z, pastikan kalian tidak mengalami salah satu ciri-ciri tersebut ya guysss atau pastikan kalian menghindarinya. Kalian bisa melakukan kegiatan produktif untuk menghindari ciri-ciri di atas.

Hasnah (Mahasiswa Magang Harian Fajar)

  • Bagikan