Dorong Semangat Berkompetisi, HMJ Pendidikan Matematika UINAM Kembali Gelar Aritmatika (Ajang Kreativitas Matematika)

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar (UINAM) kembali melaksanakan Aritmatika (Ajang Kreativitas Matematika).

Acara ini merupakan kegiatan tahunan HMJ Pendidikan Matematika yang sudah menjadi program kerja wajib pada setiap periode, bertujuan untuk mendorong semangat berkompetisi dan mengembangkan kemampuan matematika di kalangan siswa SMP dan SMA sederajat se-Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Aritmatika 2024 kembali hadir dengan mengusung tema “Wujudkan Generasi yang Edukatif dan Unggul Demi Terciptanya Matematikawan Muda di Era Society 5.0.”

Tema ini menggarisbawahi komitmen untuk membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga siap menghadapi tantangan di era digital dan teknologi canggih saat ini.

Sama seperti tahun sebelumnya, Aritmatika 2024 dilaksanakan melalui empat tahapan utama, yaitu tahap penyisihan tingkat kabupaten/kota yang dilaksanakan pada 28 Juli 2024 – 8 September 2024 (sementara berlangsung), tahap penyisihan tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada 28 September 2024.

Tahap semifinal yang akan dilaksanakan pada 28 September 2024, dan tahap final yang akan dilaksanakan pada 29 September 2024.
Bagi calon peserta Aritmatika 2024, terdapat beberapa ketentuan yang harus dipahami sebagai berikut.

-Peserta merupakan siswa/siswi SMP/MTs dan SMA/MA/SMK sederajat yang masih terdaftar sebagai siswa/siswi pada saat ARITMATIKA 2024 berlangsung dan terdiri dari 2 orang dalam satu tim.

-Peserta boleh atas nama delegasi (perwakilan) sekolah atau mandiri (pribadi),
Jumlah tim yang diutus tiap sekolah tidak dibatasi.

-Peserta mandiri (pribadi) boleh terdiri dari 2 sekolah berbeda sebagai satu tim.

-Peserta mendaftar sesuai jenjang pendidikan yang sedang ditempuh.

-Peserta telah melakukan pendaftaran.

-Peserta yang lolos ke tahap penyisihan provinsi tidak dapat diwakili dengan alasan apapun.

Hadirnya Aritmatika 2024 akan menjadi momentum penting dalam upaya mengenbangkan kemampuan matematika siswa SMP dan SMA sederajat se-Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Acara ini menjadi wadah bagi siswa untuk berkompetisi, berkolaborasi, dan memperluas wawasan mereka melalui lomba matematika. Dengan fokus pada pengembangan keterampilan dan kreativitas siswa, Aritmatika 2024 diharapkan dapat memotivasi siswa untuk terus mengeksplorasi dan berinovasi di bidang matematika.

Andi Safwan Ibrahim Haz atau yang kerap disapa Safwan selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa kegiatan Aritmatika ini dapat menjadi wadah bagi para siswa SMP dan SMA untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mereka, khususnya dalam bidang matematika.

“Saya berharap lomba Aritmatika ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi kesempatan bagi para peserta untuk belajar satu sama lain, menjalin persahabatan, dan merasakan keseruan dalam mengasah kemampuan matematika mereka,” ungkap Safwan.

Di sisi lain, Khairullah Irsyad Saleh yang kerap disapa Irsyad selaku ketua HMJ Pendidikan Matematika menyampaikan harapannya agar kegiatan ini terus ada dan memberikan manfaat pembelajaran yang luas bagi banyak orang, serta mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Harapan saya selanjutnya adalah semoga dengan adanya kegiatan ini, masyarakat, khususnya peserta didik, semakin mencintai matematika, berkolaborasi untuk terus menggali pengetahuan matematika, serta menghilangkan stigma bahwa matematika adalah pembelajaran yang sulit,” ungkap Irsyad.

Dengan terlaksananya Aritmatika 2024, HMJ Pendidikan Matematika UINAM berharap dapat terus memotivasi siswa untuk mengeksplorasi dunia matematika dan mengembangkan potensi mereka sebagai matematikawan muda di era Society 5.0. Acara ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan HMJ untuk mendukung pendidikan matematika dan memperkuat eksistensi matematika di era saat ini.

  • Bagikan