Mengenal Lebih Dalam Menegnai Tipe Kepribadian INFP

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KekeR, kita tidak asing lagi dengan yang namanya MBTI (Myers-Briggs Type Indicator yang merupakan tes kepribadian berdasarkan tipologi Carl Jung (tokoh yang memopulerkan extrovert dan introvert). Tujuannya adalah agar semua orang bisa memahami dirinya dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengannya. Ada 16 tipe kepribadian, salah satunya ada INFP. Nah, apa sih kepribadian INFP itu?

INFP adalah pemimpi dan idealis, mengingatkan kita pada awan antarbintang yang berpotensi melahirkan bintang-bintang baru. Sebagai orang Fiksi, kekuatan pendorong mereka adalah menjelajahi dunia batin dan emosi mereka secara mendalam. Sifat awan antarbintang yang dinamis dan selalu berubah mencerminkan INFP, yang terus berubah dan berevolusi, seperti pendekatan mereka yang adaptif dan dinamis terhadap kehidupan.

Seperti yang dikatakan Carl Sagan, “Awan seperti itu menandai kelahiran bintang-bintang sebagaimana yang lain menjadi saksi atas kematian mereka.” Sifat awan yang tumbuh dan reflektif ini sejajar dengan kemampuan INFP untuk menerangi kemungkinan dan menginspirasi orang lain dengan harapan dan rasa ingin tahu mereka. Mereka memiliki pemahaman yang naluriah dan mendalam tentang kompleksitas lapisan sifat manusia, mirip dengan awan antarbintang–terkadang bahkan tidak mereka ketahui. Tanpa sadar mengungkap kebenaran tersembunyi pada orang-orang di sekitar mereka.

Tipe kepribadian INFP dalam tes MBTI sering digambarkan sebagai kepribadian orang-orang yang sangat idealis dan altruis.

Mereka yang termasuk dalam kepribadian ini cenderung tertutup, idealis, kreatif, dan didorong oleh nilai-nilai yang tinggi.
INFP juga memiliki minat yang kuat untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Beberapa sifat khas INFP

  1. Idealis – pengen dunia yang lebih damai
  2. Kreatif – ide-ide fresh terus mengalir
  3. Introvert – butuh waktu sendiri buat recharge
  4. Empati tinggi – peka banget sama vibes sekitar
  5. Anti mainstream – ga suka ikut arus

Saat kamu chatting sama INFP:

  • Overthinking makna dibalik emoji yang dikirim crush
  • Lebih suka 1-on-1 daripada di grup besar
  • Ngetik panjang lebar, tapi ujung-ujungnya dihapus semua
  • Sering bikin notes panjang di HP tapi ga pernah dikirim
  • Paling bisa dengerin curhatan kamu tanpa judgement
  • Kadang mood swing-nya bikin kamu bingung
  • Suka banget ngomongin masa depan yang ideal bareng pasangan
  • Hobi ngajak pasangan ke tempat-tempat aesthetic buat foto

Nah, kita sudah membahas sedikit penjelasan tentang tipe kepribadian INFP. Bagaimana? Apa related dengan diri kamu? Atau memang kamu adalah salah satu dari banyak orang yang memiliki tipe kepribadian itu? Yuk cari tau kepribadian kamu.

  • Bagikan