6 Negara Paling Maju dalam Perlombaan Teknologi AI

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CI.ID – Hallo Sobat Keker, tahukah kamu, Penggunaan teknologi kecerdasaan buatan (AI) telah menyentuh segala sendi kehidupan. Kehadiran AI terbukti mendatangkan banyak manfaat, sehingga semua negara berlomba-lomba berinvestasi dalam bidang ini.
inilah dia negara paling maju dalam pengembangan teknologi AI

1.Amerika Serikat

Amerika Serikat, yang menempati peringkat pertama dalam kemajuan AI, telah melakukan investasi swasta sebesar USD335,2 miliar dalam dekade terakhir. Selain itu, temuan tersebut menunjukkan 5.500 startup AI telah dibentuk di AS, dan pada tahun 2024, orang-orang yang tertarik dalam AI dapat menemukan 71.000 lowongan terkait.

2.China

China, yang menduduki peringkat kedua, terbukti mengalami kemajuan AI paling cepat. China telah melakukan investasi sebesar USD103,5 miliar, tiga kali lebih sedikit dibandingkan AS. Namun, studi tersebut mencatat meskipun terdapat lebih sedikit startup dan lowongan terkait AI di China, ada lebih banyak spesialis AI dalam tenaga kerja umum, yaitu 0,64% dari semua orang yang bekerja di China.

3.Inggris

Inggris berada di peringkat ketiga, dengan investasi AI sebesar USD22,2 miliar. Pada tahun 2023, investasi mencapai total USD3,78 miliar, seperenam dari investasi negara tersebut dalam dekade terakhir. Dibandingkan dengan India, Inggris mendirikan setengah jumlah startup, totalnya 727, kata studi tersebut.

4.Kanada

Kanada menduduki peringkat kelima, tidak jauh di belakang Israel, dan telah melakukan investasi swasta sebesar USD10,35 miliar. Pada tahun 2023, Kanada mengeluarkan sedikit lebih banyak untuk AI dibandingkan Israel, yaitu USD1,61 miliar. Total lowongan pekerjaan terkait AI di Kanada mencapai 1,05% dari semua lowongan, yang merupakan tingkat ketiga tertinggi dalam peringkat.

5.Jerman

Jerman menduduki peringkat keenam dengan investasi sebesar USD10,35 miliar dalam teknologi AI. Dalam tahun terakhir, Jerman lebih aktif dengan investasi AI dibandingkan Kanada atau Israel, menghabiskan USD1,91 miliar.

6.India

India menduduki peringkat ketujuh, dengan investasi AI yang mencapai USD9,85 miliar dalam dekade terakhir.

-Muh Fitrah (mahasiswa magang harian Fajar

  • Bagikan