Pengaruh IoT (Internet of Things) dalam Kehidupan Sehari-hari, Teknologi yang Makin Dekat dengan Kita

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Holaaa gess,di zaman sekarang, teknologi sudah jadi bagian dari hidup kita yang tak terpisahkan, dan salah satu yang paling menarik adalah Internet of Things (IoT). IoT ini pada dasarnya adalah jaringan perangkat yang saling terkoneksi, mulai dari ponsel, jam tangan pintar, sampai peralatan rumah tangga seperti kulkas dan lampu. Semua perangkat ini bisa “berbicara” satu sama lain lewat internet, bikin hidup kita jadi lebih praktis.

Coba bayangkan, kamu bisa menyalakan AC di rumah saat masih di kantor atau tahu isi kulkas kamu hanya dengan melihat ponsel. IoT bikin semua itu mungkin! Selain itu, teknologi ini juga membantu kita menjaga kesehatan lewat gadget kesehatan yang bisa memantau aktivitas fisik, kualitas tidur, sampai detak jantung kita.

Tapi, tentu saja ada tantangannya. Keamanan dan privasi jadi hal yang perlu diperhatikan, karena semakin banyak perangkat yang terkoneksi, semakin besar juga risiko peretasan. Meski begitu, dengan perkembangan teknologi yang terus maju, IoT akan semakin menyatu dengan keseharian kita, membuat hidup jadi lebih nyaman dan efisien.

Jadi, siap-siap aja, masa depan yang serba terhubung sudah di depan mata!

Nurwidia (Mahasiswa Magang Universitas Muhammadiyah Bone)

  • Bagikan