8 Tanda-tanda Persahabatan Kamu Mulai Toxic

  • Bagikan
freepik

KEKER FAJAR.CO.ID – Haii Sobat KeKeR! Ternyata bukan hanya pacar yang bisa toxic, Sabahat juga bisa loh. Persahabatan yang toxic bisa sulit dikenali karena biasanya terjadi secara bertahap.

Berikut beberapa tanda yang dapat membantu kamu mengenali apakah persahabatan Kamu toxic.

1.Perasaan Tidak Nyaman

Jika Kamu mulai merasa tidak nyaman, cemas, atau terbebani setelah bertemu atau berbicara dengan teman kamu, hal tersebut bisa menjadi tanda hubungan Kamu mulai tidak sehat.

2.Manipulasi dan Kontrol

Teman yang toxic sering kali mencoba mengendalikan Kamu, baik melalui manipulasi emosional, intimidasi, atau membuat Kamu merasa bersalah untuk memenuhi keinginannya.

3.Kurangnya Dukungan

Dalam persahabatan yang sehat, teman saling mendukung satu sama lain. Jika teman kamu lebih sering merendahkan, meremehkan, atau tidak peduli terhadap perasaan dan pencapaian Kamu, maka hal tersebut salah dalam hubungan persahabatan.

4.Drama yang Berlebihan

Teman toxic sering membawa drama yang tidak perlu ke dalam hidup Kamu, baik melalui konflik yang berulang, atau masalah pribadi yang terus-menerus.

5.Kecemburuan dan Kompetisi

Alih-alih merayakan kesuksesan kamu, teman toxic mungkin merasa cemburu dan berusaha menyaingi atau merendahkan pencapaianmu.

6.Merasa Dieksploitasi

Jika Kamu merasa bahwa teman tersebut hanya ada ketika mereka membutuhkan sesuatu dari Kamu, tetapi tidak sebaliknya, itu adalah tanda bahwa hubungan tersebut tidak seimbang dan mungkin toxic.

7.Mengabaikan Batasan

Persahabatan yang sehat menghormati batasan pribadi. Jika teman kamu sering melanggar batasan kamu, tidak menghargai privasi kamu, atau memaksa kamu untuk melakukan sesuatu yang tidak kamu inginkan, ini adalah tanda yang tidak baik.

8.Tidak Ada Timbal Balik

Persahabatan yang toxic akan membuat Kamu merasa bahwa Kamu selalu memberi tanpa mendapatkan apa pun kembali, persahabatan yang sehat adalah ketika dapat melibatkan timbal balik, baik dalam hal dukungan emosional, waktu, atau upaya.

Jadi gimana Sobat KeKeR, Kamu merasakan salah satu dari beberapa hal diatas ngak? Kalau iya, mungkin sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali apakah persahabatan tersebut memberikan dampak positif atau justru negatif dalam hidup mu.

Jangan terus-terusan memaksakan diri dalam lingkaran yang tidak sehat yah guys!

Penulis: Finansia Bura Pare

  • Bagikan

Exit mobile version