Ini 3 Cara Mengenali Pasangan yang Manipulatif

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo sobat keker, ketika hubungan sebuah pasangan seharusnya dibangun oleh rasa nyaman dan kepercayaan sifat manipulatif ini bisa merusak semuanya.

Kamu harus sadar dong penting banget buat kamu tahu tanda-tanda pasangan kamu manipulatif. Manipulatif berasal dari kata manipulasi yang artinya upaya kelompok atau seseorang untuk mempengaruhi perilaku, sikap dan pendapat orang lain tanpa orang itu menyadarinya.

Makanya kamu harus bisa mengenali tanda-tanda dari sifat manipulatif ini apa saja sih tanda-tandanya?

1.Silent Treatment

Silent treatment adalah sikap mengabaikan seseorang dengan cara menghindar tidak membalas pesannya bahkan menghilang total dengan tujuan memberikan efek jera kepada orang yang dituju sadar atau tidak. berkomunikasi dua arah tentang masalah yang dihadapi akan lebih baik.

2.Guilt Tripping

Guilt Tripping adalah istilah untuk membuat orang lain merasa bersalah dan meyakinkan bahwa itu adalah murni kesalahan mereka. kata-kata seperti “kalau kamu sayang aku seharusnya kamu melakukan apa yang aku minta” Intinya kamu akan terus disalahkan untuk sesuatu yang sama sekali bukan tanggung jawabmu.

3.Memutarbalikkan Ucapan

Suka memutarbalikkan ucapanmu ketika kalian bertengkar, dia akan cenderung mengulang ucapanmu yang dulu dan memberi kesan arti yang berbeda dengan cara dilebih-lebihkan. orang-orang yang suka memutarbalikkan ucapan ini disebut dengan “Sophist”

Sikap manipulatif cenderung melekat di dalam diri seseorang dan susah untuk diubah kamu tidak perlu memaksakan diri untuk merubah sikap mereka tapi kamu bisa melakukan beberapa hal untuk menghindari hal ini.

  1. Bangun sikap percaya diri.
  2. Berani bertindak tegas kamu harus berani menerapkan sikap “No means No”.
  3. Jangan takut untuk meninggalkan pasanganmu.

Jika segala upaya dan cara sudah dilakukan namun pasanganmu terus-terusan membuatmu merasa sedih, takut dan tidak berdaya Tidak ada salahnya untuk dilepaskan, Jangan pernah merasa bersalah untuk itu kamu berhak pergi demi kesehatan mental dan pikiranmu “cintai dirimu sendiri terlebih dulu sebelum kamu mencintai orang lain” dan yang perlu kamu ingat sikap pasanganmu bukanlah tanggung jawab-mu jika mereka tidak mau berubah ke arah yang lebih baik, bukan salah kamu sama sekali kok.

Itu dia tanda-tanda cara mengatasi pasangan yang bersifat manipulatif selalu bangun komunikasi yang baik dan bisa saling mendengarkan ya GenK.
See you!

Indar Ramadhan ( Mahasiswa Magang Unismuh Bone)

  • Bagikan