5 Fakta Berbahaya Mengonsumsi Kopi Berlebihan Bagi Tubuh

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat keker siapa nih yang pencinta kopi, yuk merapat mimin punya info khusus nih buat kalian. Tahu nggak sih soker ternyata kopi memiliki banyak manfaat kesehatan loh, eitsss jangan senang dulu nih karena ternyata mengonsumsi kopi berlebihan atau pada kondisi tertentu dapat membawa risiko bagi tubuh kalian loh guys.

Berikut beberapa fakta berbahaya terkait mengonsumsi kopi.

1.Gangguan Tidur

Tahu nggak sih soker kafein dalam kopi dapat mengganggu pola tidur, terutama jika dikonsumsi di sore atau malam hari. Ini bisa menyebabkan sulit tidur, tidur yang tidak nyenyak, dan insomnia yang dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, siapa nih yang udah tahu tapi masih aja ngeyel.

2.Peningkatan Tekanan Darah

Kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah sementara loh guys, terutama pada orang yang tidak terbiasa mengonsumsinya atau yang sensitif terhadap kafein. Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali bisa meningkatkan risiko penyakit jantung loh.

3.Kecemasan dan Stres

Konsumsi kopi secara berlebihan ternyata juga dapat meningkatkan hormon stres loh guys seperti kortisol, yang dapat memicu perasaan cemas, gelisah, atau bahkan panik pada sebagian orang.

4.Masalah Pencernaan

Kopi dapat merangsang asam lambung, yang dapat menyebabkan iritasi pada lambung, mulas, atau bahkan memperburuk kondisi loh soker seperti gastritis atau asam lambung naik (GERD).

5.Ketergantungan dan Gejala Putus Kafein

Tahu nggak sih kafein bersifat adiktif dan dapat menyebabkan ketergantungan loh. Gejala putus kafein meliputi sakit kepala, kelelahan, mood yang buruk, dan kesulitan berkonsentrasi jika tidak mengonsumsi kopi. Nah, guys udah tahukan jadi sebaiknya konsumsi kopi secukupnya aja yah supaya nggak ketergantungan atau jangan-jangan soker udah ada yang ketergantungan nih.

Hasnah (Mahasiswa magang harian fajar)

  • Bagikan