Generasi Muda Berbakat, Aamirah Siswi MAN 2 Makassar Raih Prestasi Internasional di Dunia Coding

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID- Haloo Sobat KeKeR, kenalin yuk sama Aamirah Faidza Putri Mahmudiah dari MAN 2 Makassar. Doski memperoleh sejumlah prestasi akademik baik di tingkat nasional maupun internasional, terutama di bidang coding, lho.

Aamirah meraih medali emas di Internasional Cambridge Factor Olympiad 2023, Cabang Lomba Coding dan medali perak di Internasional Science Technology and Engineering (ISTEC) 2024.

Doski tertarik dunia coding di usia kelas 6 SD yang awalnya karena ikut pelatihan online kelas membuat game sederhana. Kemudian ketika gamenya jadi, ada rasa puas dan berkeinginan untuk membuat banyak game. Dari situlah, Aamirah mulai serius mencari cari dan mencoba project-project kecil.

“Sejujurnya sangat sulit megatur waktu antara belajar coding dengan aktivitas lain karena berada di kelas Percepatan juga menyita waktu.Tapi karena sudah ada goal yang ingin dicapai tentunya menjalani semuanya dengan enjoy saja,” ungkap gadis kelahiran Balikpapan, 13 Nopember 2008 ini.

Nah, sejauh ini project coding terbesar yang paling penuh tantangan menurut Aamirah adalah project saat ikut lomba coding Asia Pasific( Hackaton), karena doski harus menyelesaikan sekitar 60 level dalam waktu 60 menit.

“Alhamdulillah bisa masuk 10 besar se-Asia Pasific, ranking 6. Lomba ini juga sangat menantang bagi saya karena harus menggunakan bahasa Python yang merupakan hal baru bagi saya,” ungkap Aamirah.

Karena dunia teknologi sangat cepat perubahannya tentu Aamirah senantiasa mengupgrade diri. Doski tidak pernah ikut kursus formal karena keterbatasan waktu, biasanya dia rajin buka-buka youtube supaya tidakk tertinggal hal-hal baru terkait dunia programmer.

“Cita-cita saya menjadi software engineer, tapi melihat perkembangan ke depan mungkin saja sedikit bergeser ke data science. Makanya saat ini saya terus berusaha memantaskan diri agar nanti bisa berada di kampus yang TOP di bidang teknologi,” kata gadis yang lahir bermain biola ini.

Yulia, ibu Aamirah mengungkapkan kalau awalnya dia memperkenalkan programmer pada putrinya, baik melalui online dan memberikan guru-guru privat untuk coaching.
Yulia mendukung penuh Aamirah baik dari segi materiel, motivasi serta pandangan untuk menyemangati putrinya.

“Adek biasanya ikut lomba dua kali dalam sebulan dan rata-rata lombanya di luar makassar. Kami support masuk National University of Singapore, semoga adek bisa mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju dan mengembangkan kemampuan codingnya untuk menyongsong indonesia emas 2045,” pungkas Yulia. (*)

Profil Aamirah Faidza Putri Mahmudiah

Saya, Aamirah Faidza Putri Mahmudiah, siswa kelas XII program Percepatan (SKS 2) MAN 2 kota Makassar, adalah pelajar yang berdedikasi di bidang sains dan teknologi. Saya telah memperoleh sejumlah prestasi akademik baik di tingkat nasional maupun internasional, dan juga aktif dalam kegiatan seni serta memiliki keterampilan bermain biola. Dengan tekad kuat, saya berupaya mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) untuk melanjutkan pendidikan saya dan memberikan kontribusi pada inovasi teknologi di masa depan.

Data Diri

Nama: Aamirah Faidza Putri Mahmudiah

Tempat, Tanggal Lahir: [Balikpapan, 13 Nopember 2008 ]

Alamat: [jl.Sawo.No.13 Gowa)

Pendidikan

MAN 2 Makassar – Makassar
Program Percepatan (SKS 2)
Kelas XII

Prestasi Akademik dan Non-Akademik

-Karya Ilmiah : 3 masing-masing di bidang Science, Teknologi dan Lingkungan

-Medali Perunggu – Olimpiade Sains Beregu Indonesia 2023, Cabang Lomba Fisika

-10 Besar Finalis se-Asia Pasific– Icode Global Hackathon 2024 (Coding)

-Medali Emas – International Cambridge Factor Olympiad 2023, Cabang Lomba Coding

-Medali Perak – International Science Technology and Engineering (ISTEC) 2024

-Juara 1 – Robotika Nasional 2024, Cabang Lomba Robot Berkaki

-Juara 3 – Lomba Cerdas Cermat Tingkat Nasional GALAKSI 2024

Kegiatan Ekstrakurikuler

-Fotografi dan Jurnalistik (FOJU) MAN 2 Makassar

-Anggota Klub Robotik MAN2 Mks– [Tahun 2023-2024]

-Kemampuan Bermain Biola tk.Mahir sejak thn 2019-Sekarang

-Relawan di Kegiatan Peduli Lingkungan , Blue Carbon, Padang Lamun, [Pulau Putondo,Tahun 2024]

-Menjadi Narasumber di Podcat A1 TVRI Sulsel (Okt -2024)

-Menjadi Narasumber Kelas Motivasi pada prodi TKJ PNUP (Okt-2024)

Keterampilan

-Bahasa Inggris – Fasih (Speaking, Reading, Writung), IELTS 7.00

-Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint) – Mahir

-Bahasa Pemograman dan Coding (C++, Python ,HTML)-Mahir

-Kemampuan Bermain Biola – Mahir

Cita-Cita: Dengan dukungan Beasiswa Indonesia Maju (BIM), saya berkomitmen untuk mengembangkan kemampuan akademik dan teknis di bidang STEM serta memberikan kontribusi dalam inovasi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tujuan Karir: Ahli di bidang : Software Engineer, Data Science

Referensi
Dapat disediakan atas permintaan

Atas semua pencapaian sejauh ini saya bersyukur dan ber terima kasih :

  1. Kepada Allah SWT atas Rahmat dan setitik ilmu yang dititipkan.
  2. Ayah Ibu dan kedua saudara saya, keluarga besar Sawo 13
  3. Kepala Madrasah MAN 2 Makassar Ibu Darmawati Tahir, Wali kelas SKS 2 bapak Khoiri, guru pembimbing Bapak Dedi Rimanto dan semua guru tanpa tanda jasa yang telah membimbing membersamai sejak TK Kumara Jaya, SD Mangkura III, MTsN 1 Makassar dan MAN 2 Makassar.
  4. Mentor Coding : Bapak Amir, Bapak Yohan Pribadi, Bapak Eddy Tungadi dan tim.
  5. Seluruh teman SKS 2 yang selalu saling support memberi semangat dan memberi positive vibes.
  • Bagikan

Exit mobile version