Pojok Guru KeKeR: Bangun Rasa Ingin Tahu ala Guru SMPN 5 Makassar

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Guru IPA di SMPN 5 Makassar, Sitti Mardiah, S.Si, aktif mengembangkan strategi pembelajaran untuk menumbuhkan keingintahuan peserta didiknya.

Menurutnya, strategi utama yang diterapkannya adalah pembelajaran bersifat kontekstual yang mengaitkan materi IPA dengan situasi dan kehidupan sehari-hari siswa. “Kegiatan praktikum sains yang bersifat ilmiah dan menarik juga sangat efektif untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan cinta terhadap ilmu bagi peserta didik,” jelasnya.

Rasa ingin tahu memicu siswa untuk aktif belajar dan menggali ilmu demi menjawab berbagai pertanyaan yang muncul dari dirinya sendiri. Dengan demikian, minat belajar siswa akan meningkat, yang berujung pada peningkatan kemampuan akademik secara keseluruhan.

Tantangan terbesar yang dihadapi guru IPA ini adalah mengajak siswa yang tidak memiliki minat belajar sama sekali untuk mau terlibat aktif.
“Jika minat belajar dari awal tidak ada, otomatis rasa ingin tahu terhadap ilmu juga sulit muncul. Saya perlu menerapkan teknik pengajaran khusus agar mereka terdorong untuk memiliki keingintahuan,” terang dia.

Sebagai guru, dirinya terus berupaya mengembangkan metode pembelajaran yang tidak hanya menyampaikan materi, tapi juga membangkitkan rasa ingin tahu agar ilmu pengetahuan IPA bisa diterima dengan penuh semangat dan antusiasme. (nrf/yuk)

  • Bagikan