Be Careful! Sendawa Berlebihan Tanda Tak Sehat

  • Whatsapp
Photos by Ibnu M Palogai

KEKER.FAJAR.CO.ID – Sendawa kerap diartikan sebagai tanda kekenyangan. Kalau keseringan sendawa, kamu perlu hati-hati juga loh!

Bersendawa berarti mengeluarkan gas dari dalam perut melalui mulut. Saat bersendawa, seseorang akan mengeluarkan bunyi khas. Apalagi jika kamu mengonsumsi makanan berbau menyengat, tentu sendawanya juga bau.

Bacaan Lainnya

Sendawa merupakan hal yang normal loh. Namun jika terlalu sering, bukanlah pertanda yang sehat, bahkan menandakan gangguan tertentu. Yuk simak beberapa penyebab umum sendawa yang harus sobat KeKeR sadari.

1.Minuman Berkarbonasi

Minuman dingin akan menyebabkan iritasi diafragma dan dilepaskan dari mulut dalam bentuk gas, hal ini terjadi karena sebuah gelembung akan terbentuk dalam tubuh.

2.Maag
Jika sendawa disertai dengan sensasi terbakar di dada, hal tersebut bisa saja pertanda maag. Sering mengonsumsi makanan pedas adalah salah satu penyebabnya.

3.Gangguan Pencernaan
Orang yang menderita berbagai masalah perut, seperti luka perut akan bersendawa lebih sering. Hal ini disebabkan akibat penumpukan gas di dalam tubuh.

4.Gejala kanker
Sendawa berlebihan juga bisa menjadi gejala awal kanker kerongkongan. Paparan asam kronis di kerongkongan ini bisa jadi sebabnya.

Di beberapa daerah, bersendawa dianggap perilaku tidak sopan. So, kalau mau sendawa sebaiknya mulutnya segera ditutup pakai tangan atau kain yah. (*)

Pos terkait