Yuk Peduli Lingkungan, 6 Aplikasi Daur Ulang Sampah Ini Solusinya

  • Whatsapp
Dreamstime.com

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, pasti kamu tahu dong kalau sampah adalah salah satu permasalahan yang belum maksimal penanganannya di Indonesia. Tapi hadirnya berbagai aplikasi pengelolaan sampah bisa membuat SoKer berkontribusi dalam menanganinya loh.

Yapps, Sampah-sampah yang bertebaran umumnya dibuang tanpa dipilah terlebih dahulu dan masih banyak masyarakat yang membuang sampah tersebut ke tempat yang bukan seharusnya seperti sungai dan laut. Harus SoKer ketahui kalau hal tersebut membuat negara kita berada dalam posisi kedua penyumbang sampah plastik ke laut terbanyak di dunia.

Bacaan Lainnya

Nah, kamu gak mau kan masalah sampah tersebut berlarut-larut. Sebagai resolusi baik di tahun baru ini, kamu bisa memulai dengan mengumpulkan sampah-sampah plastik yang ada di rumah dan menukarkannya melalui aplikasi. So, kali ini KeKeR merangkum beberapa aplikasi pengelolaan sampah supaya SoKeR bisa ikut membantu. Cekidot!!!

1.Mallsampah (Makassar)
Mallsampah memiliki berbagai fitur, yaitu Jual Sampah, Donasi Sampah, Produk Hijau, Zero Waste, dan Gerakan Hijau. Buat kamu yang ingin menggunakan layanan Mallsampah untuk fitur Jual Sampah dan Donasi Sampah, kamu tidak perlu mendaftar terlebih dahulu setelah mengakses laman Mallsampah. Kamu bisa langsung menentukan jenis sampah yang kamu miliki, memilih lokasimu, lalu sistem akan menyajikan rekomendasi pengepul terdekat yang siap membeli sampah kamu. Setelah itu, kamu bisa memilih pengepul yang sesuai dan menghubungi kontak yang disediakan.

Sementara itu, menu Produk Hijau memungkinkan kamu untuk membeli berbagai macam kerajinan hasil olahan sampah dari berbagai penjual dan melakukan transaksi secara langsung. Menu Gerakan Hijau ditujukan untuk sekolah atau komunitas yang tertarik melakukan gerakan daur ulang untuk mendapatkan poin yang dapat ditukarkan atau berbagai voucher menarik lainnya. Terakhir, ada menu Zero Waste di mana kamu bisa berlangganan layanan pengelolaan sampah premium dengan tagihan bulanan.

2.eRecycle (Jakarta, Depok, Bekasi)
Kamu juga bisa mendaur ulang sampah kemasanmu di rumah dengan menggunakan eRecycle. Dengan proses melalui aplikasi ini, sampah kemasan yang telah kamu pilah akan dijemput di rumah, ditimbang secara digital, dan akan diganti berupa reward yang dapat didonasikan kepada LSM yang bekerja sama dengan eRecycle. Untuk saat ini jenis sampah yang dikelola oleh eRecycle adalah plastik, kertas, dan botol kaca.

3.Gringgo (Denpasar)
Gringgo memudahkan kamu untuk menemukan detail nilai uang dari setiap jenis sampah serta tempat pembuangan sampah (TPS) yang bisa kamu kunjungi. Sampah-sampah yang kamu punya kemudian bisa kamu serahkan ke TPS terdekat untuk ditukarkan dengan uang sesuai jumlah sampah. Buat kamu yang sibuk dan nggak sempat ke luar rumah, kamu bisa menggunakan fasilitas permintaan layanan penjemputan sampah dengan mengisi formulir berisi nama, telepon, email, alamat, dan permintaan dari pengguna.

4.Angkuts (Pontianak)
Aplikasi Angkuts dapat kamu unduh di Google Playstore secara gratis. Setelah mengunduh aplikasi, kamu akan diminta untuk mendaftar dengan memasukkan nama dan nomor ponsel. Pengguna kemudian dapat memilih dua opsi: barang atau sampah. Pengguna kemudian diminta memilih kendaraan yang digunakan untuk mengangkut sampah atau barang dari rumahnya.

Untuk opsi ini, pengguna akan dikenakan tarif flat Rp10 ribu untuk 10 kilometer dan tambahan Rp. 1.500 per kilometer kelebihannya. Setelah itu, sampah akan ditimbang dan uang hasil penjualan sampah pun akan masuk ke virtual account yang bersangkutan.

5.mySmash
Kamu bisa mengunduh aplikasi mySmash di Google Playstore. Pertama-tama, kamu akan diminta login atau membuat akun bagi pengguna baru. Setelah berhasil mendaftar, kamu dapat menemukan berbagai macam fitur di laman home aplikasi mulai dari Jemput Sampah, Smart Drop Box, Blog Edukasi, dan Smash Store.

Jemput Sampah merupakan fitur yang dapat kamu gunakan untuk membuat permintaan penjemputan sampah oleh pihak Bank Sampah dengan terlebih dahulu menjadi nasabah Bank Sampah yang bersangkutan. Setelah meng-klik menu Jemput Sampah, pengguna akan masuk ke menu peta di mana pengguna bisa memilih Bank Sampah yang melayani penjemputan.

6.Mulung (Jakarta)
Cara kerja aplikasi mulung terdiri dari tiga tahapan, yaitu pemilahan sampah, penjemputan sampah, dan penukaran poin. Tahap pemilahan sampah mengharuskan pengguna untuk mengelompokkan sampah berdasarkan beberapa kategori, yaitu sampah kaleng, sampah kardus, sampah karton, sampah koran, dan sampah plastik. Setelah dipilah, pengguna bisa melaporkan sampah yang ingin disetor ke tim Mulung. Penjemputan sampah kemudian akan dilakukan tim Mulung setiap dua minggu sekali.

Sampah yang telah disetorkan kemudian akan dijual oleh tim Mulung ke industri daur ulang sementara pengguna mendapatkan poin. Poin yang telah dikumpulkan dapat ditukarkan menjadi berbagai hal seperti token listrik, pulsa, uang tunai, hingga saldo GrabPay dan Go-Pay. Setiap penukaran poin akan dipotong biaya sebesar Rp2.500 sebagai komisi untuk Mulung.

Nah, guys ini tentunya tidak akan langsung menjadi one-stop solution untuk semua masalah sampah di Indonesia, tapi tentunya bisa membantu menyelesaikan masalah. Gak perlu melakukan perubahan drastis untuk berkontribusi melestarikan lingkungan, bisa dengan hal-hal kecil dan sederhana serta dimulai dari rumah kamu sendiri. Semangat!!! (*)

Pos terkait