Jangan Disepelekan, Ini 7 Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

  • Whatsapp
www.medicalnewstoday.com

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, mungkin kamu berpikir kalau tubuh mendapatkan gula hanya dari makanan manis seperti kue atau donat. Eittss, nasi juga termasuk sumber gula lho.

Minuman manis kemasan juga memberikan asupan gula tambahan ke tubuh. Kadang-kadang, seseorang tidak sadar kalau mengonsumsi banyak gula. Meskipun tubuh kamu membutuhkan zat gula untuk diubah menjadi energi, tapi kalau kelebihan gula juga bisa berbahaya. Makanya, penting untuk kamu mengetahui tanda tubuh kelebihan gula supaya tidak menyepelekannya lagi.

Bacaan Lainnya

Jika gula darah terlalu tinggi, maka harus segera diturunkan agar kembali seimbang. Kalau tubuh terus-menerus kelebihan kadar gula darah, ini bisa berisiko menyebabkan hiperglikemia atau kelebihan kadar gula darah. Dilansir dari bobo.grid.id, Ini dia tujuh tanda tubuh kamu kelebihan gula. Cekidot!

1.Selalu Ingin Makan yang Manis
Tubuh yang kelebihan gula membuat kamu justru ingin semakin banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Lama-kelamaan tubuh jadi semakin kecanduan gula. Ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu lidah yang terbiasa dengan rasa manis dan pengaruh gula yang memengaruhi hormon di tubuh.

2.Merasa Sulit Berpikir
Nah, kalau Sobat KeKeR merasa kemampuan otak berpikir terganggu, ini juga salah satu tanda kelebihan gula. Ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak gula, maka kadar gula darah naik tiba-tiba dan kemudian turun. Ketika gula darah turun inilah otak menjadi terasa sulit fokus. Menurut ahli, pengendalian kadar gula darah yang buruk berisiko menganggu kerja otak.

3.Merasa Lemas Seharian
Gula darah akan naik secara tiba-tiba ketika kamu mengonsumsi makanan tinggi gula. Tapi, mengonsumsi terlalu banyak gula tidak membuat energi stabil, ketika kadar gula turun, maka bisa membuat lemas.

Ditambah lagi, biasanya orang yang mengonsumsi terlalu banyak gula kurang mendapatkan asupan protein dan serat yang baik untuk menjaga energi tubuh tetap stabil.

4.Merasa Makanan yang Biasanya Manis Kurang Manis
Mengonsumsi terlalu banyak gula bisa membuat bagian lidah indra pengecap yang merasakan gula berubah. Perubahan ini membuatnya tidak mentoleransi gula seperti biasanya, sehingga ingin makan yang lebih manis lagi. Ini bisa kembali dibiasakan dengan mengurangi asupan gula agar tidak berlebihan.

5.Sering Mengalami Gigi Berlubang
Nah, ini adalah salah satu dampak sekaligus tanda jika kamu terlalu banyak mengonsumsi gula. Sebabnya, ketika bakteri memakan makanan yang ada di sela gigi, ia memproduksi senyawa asam yang menyebabkan pembusukan gigi.

Sebenarnya, air liur menjaga keseimbangan bakteri, tapi mengonsumsi gula bisa memengaruhi tingkat keasaman air liur dan menganggu ekosistem alami mulut. Akhirnya, bakteri bisa berkembang biak.

6.Gangguan Pencernaan
Menerut penelitian, kelebihan gula bisa mengurangi keanekaragaman bakteri baik di usus. Padahal, bakteri baik itu dibutuhkan oleh usus kita dalam sistem pencernaan. Bahkan, adanya bakteri baik itu juga penting bagi sistem kekebalan tubuh. Nah, jika kamu merasa pencernaannya terganggu, mungkin itu tanda bahwa tubuhmu kelebihan gula.

7.Memengaruhi Kualitas Tidur
Kalau kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula tambahan sesaat sebelum tidur, ini bisa membuat sulit tidur. Sebabnya, makanan yang tinggi gula itu meningkatkan kadar gula darah, sehingga tubuh sulit mempersiapkan diri untuk istirahat. Kemudian ada hormon serotonin yang membuat kita merasa santai dan mengantuk.

Tapi meski begitu, kualitas tidur tidak selelap jika tidak kelebihan gula. Kemudian, saat bangun tubuh juga tidak terasa bugar, karena setelah naik, kadar gula darah turun tiba-tiba di malam hari. (*)

Pos terkait