Pelajar SMK SMAK Makassar Menciptakan Sabun dari Limbah Batu Bara

  • Whatsapp
Photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, ada yang baru nih dari SMK SMAK (Smakma) Makassar. Siswanya, Rifdah Fadilah dan Fahril Latief, berhasil mengolah limbah batu bara menjadi sabun antibakteri loh gais.

Yup, sebelum diolah menjadi sabun, limbah batu bara tersebut diubah menjadi karbon aktif terlebih dahulu, dengan melakukan pemanasan suhu tinggi kemudian direndam menggunakan asam fosfat lalu dinetralkan dan disaring. Hasil saringan inilah yang dikeringkan kembali dan menjadi arang aktif atau karbon aktif.

Bacaan Lainnya

Fahril Latief mengatakan, perbedaan antara sabun biasa dengan sabun batu bara ini cukup besar. Setelah melakukan uji mikrobiologi dan sanitasi lingkungan, ditemukan manfaat dari arang aktif tersebut. “Selain membuat kulit lebih bersih, cerah, dan bisa mengecilkan pori-pori, sabun batu bara ini juga mampu menghilangkan bakteri lebih besar daripada sabun biasa pada umumnya,” cuap cowok kelahiran 2002 itu.

Fahril menambahkan, komposisi sabun ini menggunakan karbon aktif, SLS (Sodium Lauryl Sulphate), Camperland, NaCl, Na-sulfat, Parfum Essential Oil, Gliserin, EDTA, dan Pure Water/Aquabidest.

Pos terkait