Yuk Jadi Netizen Cerdas, Ini 5 Cara Biar Kamu Terhindar dari Berita Hoaks

  • Bagikan
youtube.com

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, apa kamu sering merasa kaget atau bingung dengan kebenaran berita yang kamu lihat di berbagai macam situs, terutama lewat sosial media? Hati-hati, kamu harus jadi netizen cerdas.

Yaps, Banyak berita yang disebar tentang suasana genting yang bisa membuat kita khawatir, dan kita cenderung untuk terus membuka sosial media untuk memantau semua perkembangan yang terjadi. Sayangnya, dalam situasi seperti ini orang-orang sering mengirimkan berita bohong atau hoaks dan kemudian menyebarkannya di berbagai sosial media tanpa mengetahui kebenarannya.

Yuk, simak 5 cara menghindari berita hoax di bawah ini dan jadi netizen yang lebih cerdas!

1.Cek Nara SumberKetika kamu menerima berita dari sosial media seperti Twitter, Line, WhatsApp, dan lain -lain, cobalah untuk melihat dari mana sumber beritanya. Terkadang, berita hoaks hanya memiliki keterangan ‘dari grup sebelah’ atau tidak menyebutkan nara sumber. Sebelum kamu yakin tentang sumber berikta, jangan kamu sebarkan beritanya.

2.Antisipasi Judul Berita yang ProvokatifJudul yang provokatif sangat marak digunakan bagi penulis artikel untuk meningkatkan kunjungan atau tanggapan di media sosial maupun media masa elektronik lainnya. Sehingga, tidak jarang, pembaca segera tergiur untuk membaca. Padahal belum tentu berita tersebut benar adanya. Untuk menghindari berita hoaks jenis ini, pembaca disarankan untuk mencari berita yang sama dari sumber yang lain.

  • Bagikan