Yuk Jadi Netizen Cerdas, Ini 5 Cara Biar Kamu Terhindar dari Berita Hoaks

  • Whatsapp
youtube.com

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, apa kamu sering merasa kaget atau bingung dengan kebenaran berita yang kamu lihat di berbagai macam situs, terutama lewat sosial media? Hati-hati, kamu harus jadi netizen cerdas.

Yaps, Banyak berita yang disebar tentang suasana genting yang bisa membuat kita khawatir, dan kita cenderung untuk terus membuka sosial media untuk memantau semua perkembangan yang terjadi. Sayangnya, dalam situasi seperti ini orang-orang sering mengirimkan berita bohong atau hoaks dan kemudian menyebarkannya di berbagai sosial media tanpa mengetahui kebenarannya.

Bacaan Lainnya

Yuk, simak 5 cara menghindari berita hoax di bawah ini dan jadi netizen yang lebih cerdas!

1.Cek Nara Sumber
Ketika kamu menerima berita dari sosial media seperti Twitter, Line, WhatsApp, dan lain -lain, cobalah untuk melihat dari mana sumber beritanya. Terkadang, berita hoaks hanya memiliki keterangan ‘dari grup sebelah’ atau tidak menyebutkan nara sumber. Sebelum kamu yakin tentang sumber berikta, jangan kamu sebarkan beritanya.

2.Antisipasi Judul Berita yang Provokatif
Judul yang provokatif sangat marak digunakan bagi penulis artikel untuk meningkatkan kunjungan atau tanggapan di media sosial maupun media masa elektronik lainnya. Sehingga, tidak jarang, pembaca segera tergiur untuk membaca. Padahal belum tentu berita tersebut benar adanya. Untuk menghindari berita hoaks jenis ini, pembaca disarankan untuk mencari berita yang sama dari sumber yang lain.

3.Waspada dengan Gambar yang Dikirimkan
Selain artikel, yang paling mengena di pikiran adalah gambar yang disebarkan. Hati-hati ketika melihat gambar yang terlalu menyeramkan atau fenomenal. Terkadang, gambar itu bukan dari kejadian yang sebenarnya, melainkan diambil dari kejadian yang sudah lewat di tempat lain.

4.Jangan Buru-buru Sharing
Di era sosial media seperti sekarang ini, setiap orang cenderung ingin jadi sumber pertama yang menyebarkan berita dan inilah yang membuat kita jadi tanpa pikir panjang langsung share berita yang diterima. Sebelum kamu putuskan untuk membagikan, ada baiknya untuk memastikan kebenarannya.

5.Baca Secara Menyeluruh
bersifat click-bait. Kebiasaan setiap orang adalah hanya membaca judul dan headline saja tanpa membaca secara keseluruhan. Sebelum kamu sebarkan, ada baiknya kamu cek sumber lain ataupun diskusikan dengan teman terdekat.

Tujuan dari berita hoaks adalah menyebarkan rasa takut. Cara untuk terhindar dari berita hoaks yang paling jitu adalah tarik nafas dan tinggalkan berita tersebut. Kemudian, baca ulang setelah kamu sudah cenderung lebih tenang. Jangan langsung percaya dengan berita yang kamu terima, tanpa mengetahui terlebih dahulu kebenaran dan sumber pastinya. (*)

Pos terkait