Kenalan Yuk dengan Webnovel, Wadah Untuk Menulis Novel Secara Online

  • Whatsapp
www.vecteezy.com

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, kamu gak perlu susah lagi untuk menerbitkan novel. Banyak platform online yang bisa kamu pakai untuk menulis. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi webnovel.

Dilansir dari laman swara, saat ini dunia tentang menulis banyak digemari oleh kalangan anak muda. Di samping melatih kemampuan dalam menulis, platform online tersebut juga menerapkan sistem berbayar sehingga kamu pun bisa mendapatkan uang tambahan.

Bacaan Lainnya

Sesuai dengan namanya, webnovel merupakan novel yang berbasis web, yaitu novel yang ditulis atau di-publish di dalam jaringan situs online. Untuk karakteristik novel dan webnovel pada umumnya sama saja, yang membedakan hanya tempat penerbitannya. Webnovel di-publish di suatu situs website ataupun yang menyediakan layanan novel online.

Secara umum perbedaan webnovel dengan novel yang dipublikasikan di penerbit atau dicetak (printed novel) hanya media publikasi. Pada media website, penulis memiliki tantangan pada jumlah kata yang akan dimuat. Tantangan tersebut bukan terbatas pada platform, tapi lebih kepada kenyamanan pembaca. Kalau terlalu panjang akan menyebabkan minat pembaca berkurang dan sebaliknya.

Dengan menggunakan platform online, kamu tidak harus bergantung kepada editor dan menunggu lama agar novelmu diterbitkan. Apalagi di zaman digital yang semakin canggih saat ini kesempatan untuk menulis di berbagai web sangat banyak. Bahkan saat ini banyak orang menggunakan gadget mereka untuk membaca secara online.

Selain bisa mengembangkan potensi kamu dalam menulis, banyak penulis yang menggunakan kesempatan ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang. Bahkan banyak penulis yang sukses mendapatkan keuntungan dengan menulis berbagai cerita di web, seperti Erisca Febriani yang memulai tulisannya dari Wattpad. Karya pertamanya Dear Nathan, dan siapa sangka ternyata karyanya mendapat perhatian publik.

Pos terkait