Siswa SMK Telkom Makassar Ciptakan Robot Tanpa Remot Kontrol

  • Whatsapp
Photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, kenalan yuk dengan kawan kita dari Siswa SMK Telkom Makassar. Mereka berhasil menciptakan robot Line Follower alias robot yang mengikuti garis tanpa remot kontrol. Uhhhh kereeen.

YUPSSS, Line Follower ini mengikuti dua mode garis, hitam dan putih.Namun yang paling unik, robot yang satu ini tidak menggunakan remot kontrol. Robot bekerja menggunakan sensor dan pengaplikasiannya menggunakan rumus logaritma. Robot unik ini dirakit oleh tangan-tangan lincah dari Likha Dwi Amalia, Khana Yusdiana, Muh Zaki Faudzan, dan Asep Syaifullah.

Bacaan Lainnya

Dalam pembuatannya, ada banyak kendala yang mereka lalui. Termasuk sempat kesulitan dalam proses pembuatan robot, karena komponen robot yang susah didapat dan pemogramannya yang cukup sulit.

Likha Dwi Amalia bilang, tidak semua orang bisa mengerti bahasa program robot ini karena menggunakan rumus. Dalam robot tersebut terdapat tujuh sensor dan beberapa tombol yang harus disesuaikan dengan garis yang akan diikuti. Robot ini, kata Likha bisa dibilang seperti tamiya versi modern. Tapi tamiya kan bisa langsung dijalankan sementara Line Follower ini harus diatur setiap belokannya sesuai arena atau garis yang akan diikuti melalui tombol yang ada dalam robot.

“Sensornya juga harus ditentukan, bagian mana yang akan digunakan, sesuai dengan warna dan belokan garis yang akan diikuti,” beber cewek yang hobi merakit robot itu.

Pos terkait