Kinclong tanpa Korosi, Pelajar SMK SMTI Makassar Membuat Produk Sabun Pencuci Kendaraan

  • Whatsapp
Photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhu Sobat KeKeR, kreativitas lagi dan lagi datang dari pelajar SMK SMTI Makassar. Dua siswanya berhasil membuat produk sabun pencuci kendaraaan yang dinamai, Kinclongku.

Yup, Muh Risal dan Rizky Amalia Putri dari jurusan Kimia Industri berhasil membuat sabun pencuci kendaraan yang berbeda dari produk yang beredar di pasar. Mereka menggunakan bahan yang alami, tetapi efektif mengangkat noda yang ada pada kendaraan, tanpa korosi.

Bacaan Lainnya

Risal, sapaannya menuturkan jika, semakin banyak busa sebuah sabun pencuci kendaraan, maka semakin mempercepat korosi alias pengikisan pada kendaraan. “Semakin banyak busa dari sabun tersebut itu mempercepat korosi atau pengikisan, kalau sedikit busanya, maka tingkat korosinya juga rendah dan dari situlah kami menciptakan produk Kinclongku,”ungkap cowok hobi menyanyi ini.

Adapun bahan yang mereka gunakan, ada texapon fungsinya membentuk busa, Na2So4 dan Asam Sitrat tujuannya untuk meningkatkan daya bersih dan kinclong. Ada STPP, Natrium Benzoat yang berguna untuk daya tahan dari produk yaitu selama 6 bulan, Foam Booster,Gliserin,Pewangi, Pewarna 1 persen, hingga air.

Pada saat proses pembuatannya Rizky Amalia putri mengatakan, harus teliti karena viskositas hingga suhu bahan berpengaruh berhasil atau tidaknya produk yang dibuat dan juga harus hati-hati karena berhadapan dengan bahan kimia yang berbahaya.

Pos terkait