Dari Berbahasa Inggris sampai Menyiapkan Presentasi Bisnis, Terapkan Kurikulum Internasional dalam Proses Pembelajaran

  • Whatsapp
Photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Di Makassar, beberapa sekolah menerapkan kurikulum internasional (luar negeri) sebagai panduan dalam proses pembelajaran. Bahkan terapkan ke dalam aktivitas harian siswanya.

Kurikulum internasional yang diterapkan di beberapa sekolah tentunya bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Seperti Metro School Makassar yang menerapkan kurikulum internasional dengan sistem fullday school. Wajib menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Salah satu Siswi Metro School Makassar, Andi Aliyah Syafirah Azhar bilang, sekolahnya menerapkan dua jenis kurikulum. Kurikulum Cambridge sebagai kurikulum internasional dan Kurikulum 2013 sebagai kurikulum nasional. “Lulusan Metro nantinya akan memperoleh dua buah ijazah yaitu ijazah nasional yang bisa dipakai untuk mendaftar di perguruan tinggi nasional dan ijazah IGCSE atau ijazah internasional yang bisa dipakai untuk mendaftar di universitas luar negeri,” beber cewek yang hobi bermain piano itu.

Siswa sekolah Celebes Global School (CGS) Makassar, Andi Ainiyah Putri Arroyo bilang, kurikulum yang digunakan di sekolahnya adalah kurikulum nasional dan Australia. Proses belajarnya hampir sama dengan sekolah lain, tapi di CGS, saat duduk di kelas satu sudah mempelajari self development dan smart english untuk mendalami bahasa Inggris.”Saat naik kelas dua dan tiga, sudah fokus belajar IELTS untuk mempermudah ketika ingin kuliah di luar negeri,” beber cewek yang kerap disapa Putri ini.

Putri menambahkan, bahwa tiap tahunnya mereka harus menyiapkan business presentation yang di dalamnya tertuang ide bisnis start-up yang dipresentasikan menggunakan bahasa Inggris, tujuannya untuk mengasah skill public speaking sekaligus bahasa Inggris.

Pos terkait