Pelajar SMK SMTI Makassar Ciptakan Gel Pewangi Ruangan dari Rumput Laut

  • Whatsapp
Photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKeR, remaja Indonesia kembali dengan ide cemerlangnya menciptakan produk baru. Kali ini Siswa SMK SMTI Makassar, Nur Anisa Fadillah dan Najib Bustam mengolah ekstrak rumput laut jadi pewangi ruangan berbentuk gel.

Yup, ekstrak rumput laut alias karagenan adalah bahan utama dalam pembuatan pewangi ruangan berbentuk gel ini. Dan yang terpenting adalah, produk kawan kita inis angat ramah lingkungan. Membuatnya sederhana dengan bahan yang tidak banyak. Hanya KCL, air, pengawet, pewarna, pewangi, dan karagenan. “Untuk satu varian warna membutuhkan enam gram karagenan dan satu gram KCL yang dilarutkan dengan air 200 mil kemudian dipanaskan,” beber Anisa.

Bacaan Lainnya

Doi menambahkan, setelah dipanaskan, tunggu sampai suhu turun, lalu campur satu mil pengawet kemudian masukkan pewarna dan parfum sesuai wangi yang diinginkan. “Ada coffee, lavender, greantea, dan lemon. Warnanya disesuaikan,” ungkapnya.

Kawannya, Najib Bustam bilang, pewangi ruangan ini bisa bertahan sampai lima minggu setelah masuk dalam kemasan. Selain itu, pewangi ini juga cocok buat remaja karena wangi dari parfumnya memang lebih ke wangi yang difavoritkan remaja saat ini.

Pos terkait