Jangan Kelewat Pede , Narsis Termasuk Gangguan Mental Lho

  • Whatsapp
Photo by KeKeR Fajar

KEKER.FAJAR.CO.ID – Holaaaa guys, rasa kepercayaan diri yang tinggi bagus kok, tapi kalau berlebihan, nggak baik juga loh. Haus pujian, tapi antikritik, bisa jadi kamu mengidap gangguan kepribadian narsistik alias narcissistic personality disorder.

Gangguan kepribadian narsistik digolongkan sebagai sebuah gangguan mental. Pengidap gangguan mental ini merasa dirinya jauh lebih penting daripada orang lain. Memiliki kebutuhan yang tinggi untuk dipuji atau dibanggakan, tetapi marah ketika dikritik oleh seseorang.

Seseorang yang mengalami hal ini, sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekitar rumah maupun di sekolah. Hal ini diungkapan oleh Bulqis latifa Wahab, Siswi MA PP Babull Khaer Bulukumba. Ia bilang kalau di lingkungan sekolahnya sering menjumpai teman yang selalu ingin dipuji tapi anti terhadap kritikan. “Sering dan orang yang sama, tapi baru satu yang saya nobatkan sebagai orang yang haus pujian tapi antikritik. Orangnya juga sering saya temui,” beber cewek yang kerap disapa Bulqis ini.

Perilaku narsistik ini tak jarang membuat orang-orang di sekitarnya menjadi tidak nyaman. Seperti yang dikatakan salah satu Siswi SMAN 12 Makassar, Salsabila Maharani. Teman kita ini bilang kalau dirinya kadang merasa risih dengan orang yang haus pujian, tapi bukan berarti ia membenci orang tersebut.

“Merasa risih pasti, karena kadang dia selalu berpikir dia orang penting dalam hidupnya, padahal menurut kita masih ada orang yang lebih penting dari dia. Tapi saya tidak benci, mungkin ada penyebab lain sehingga dia berperilaku seperti itu,” beber Salsa.

Pos terkait