Siswa SMK SMTI Makassar Sulap Kelapa Jadi Pomade dan Sabun

  • Whatsapp
Photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hola SoKeR, ide kreatif dari Siswa SMK SMTI Makassar emang kaga ada habisnya. Isram Nazir bersama temannya Lucky Laksamana berhasil membuat produk yang tak kalah menarik, mereka membuat pomade dan sabun yang berbahan dasar kelapa.

Yup, produknya dinamai Pomadeku dan Sabunku. Pomadeku diambil dari minyak murni (virgin coconut oil). Santan kelapa yang difermentasikan kemudian diolah khusus. Lalu arang dari tempurungnya, dikreasikan sedemikian rupa hingga jadi sabun. Woow.

Bacaan Lainnya

Isram sapaannya mengungkapkan kalau selain bahan dasarnya mudah ditemukan ternyata manfaat dari kelapa ini sangat banyak. “Pohon kelapa sendiri mudah ditemukan dan harganya relatif murah, selain itu manfaatnya kelapa ini sangat banyak, mulai dari lemaknya berguna buat kulit dan kesehatan rambut,” cuap Isram.

Proses pengolahan Pomadeku terbilang mudah dan cepat. Hanya butuh waktu sehari membuat Pomadeku agar bisa digunakan. Meskipun demikian, bukan berarti mereka tidak kesulitan dalam proses pembuatannya. “Kalau untuk kesulitan mungkin biasa kalau bekerja kelompok kadang ada yang kurang memahami, sehingga terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Keselahan sedikit saja dapat memengaruhi tekstur warna dan lainnya,” tambahnya.

Pos terkait