Selamat Hari Tari Internasional, Ada Banyak Pesan Tersirat dari Setiap Gerak Tarian

  • Whatsapp
Photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haaaiii gaesss, hari ini bertepatan dengan Hari Tari Internasional loh. Bay the way, tari bukan sekadar unsur keindahan aja yah, ada makna mendalam di balik semua gerakannya.

Yup, Hari Tari Internasional diperingati pada 29 April, bertepatan dengan kelahiran Pencipta Balet Modern, Jean Georges Noverre. Tari memiliki banyak macam dan jenisnya. Bahkan, setiap daerah pun memiliki tarian khas mereka sendiri.

Bacaan Lainnya

Tak terkecuali Bugis Makassar, salah satu tarian yang dikenal di daerah ini adalah Tari Paduppa. Siswa SMK Telkom Makassar, Asy Syatsri Asy Syadzili bilang, Tari Paduppa adalah salah satu tarian yang paling sering ia tampilkan di acara-acara formal. “Saat melempar beras ke tamu adalah yang paling utama. Maknanya, sebagai bentuk penghormatan kepada tamu tersebut dan juga dipercaya bisa menjauhkan roh-roh halus,” beber cewek yang hobi menari itu.

Komentar lain juga datang dari Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Andi Trighina Darwana. Menurutnya, tari bukan sekedar gerakan, tetapi menari bisa mengajarkan seseorang tentang keluwesan, kedisiplinan, kontrol emosi, dan ekspresi. “Setiap tari itu memiliki makna, jadi ekspresi pun harus sesuai dengan setiap gerakan, agar makna tersebut bisa tersampaikan,” cuap cewek kelahiran 2003 itu.

Doski juga menambahkan, tarian yang paling ia gemari adalah Tari Toraja Pagellu yang memiliki makna tentang ungkapan rasa syukur. Ia bilang, tarian ini sering ditampilkan saat upacara-upacara kegembiraan seperti upacara sambutan ataupun acara pernikahan.

Pos terkait