Ini Nih Kata Sobat KeKeR Tentang Pemilihan Jurusan di Bangku SMA

  • Whatsapp
Photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, kalian yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), pada akhirnya akan menghadapi kegalauan untuk memilih jurusan. Hayooo, sudah tahu belum mau masuk IPA atau IPS? Hmmmmm,

Yups, pemilihan jurusan ketika masuk ke tingkat SMA seringkali membuat para siswa merasa galau dalam menentukan jurusan yang akan mereka pilih. Tapi, perlu kalian ketahui pembagian jurusan ini bertujuan agar kalian bisa lebih fokus dalam belajar dan mendalami ilmu.

Bacaan Lainnya

Memilih jurusan merupakan perkara gampang-gampang susah, sebab kalian tidak boleh menentukan jurusan asal-asalan sehingga potensi yang kalian miliki dapat dijalankan maksimal.

Saat pemilihan jurusan ada sebagian sekolah yang memberikan kebebasan siswanya untuk memilih jurusan sesuai dengan hati nurani mereka. Ada juga beberapa sekolah yang melakukan tes untuk menentukan jurusan sesuai dengan karteristik yang kalian miliki.

Hal ini di ungkapkan Danil Arif, Siswa SMAN 20 Makassar. Ia bilang kalau proses pemilihan jurusan di sekolahnya dilakukan berdasarkan potensi akademik yang dimiliki oleh siswanya saat melakukan pendaftaran sekolah. Siswanya akan dipilih berdasarkan potensi akademik. “Kalau sekolah saya, saat melakukan pendaftaran akan dilakukan seleksi berdasarkan potensi akademik yang dimiliki oleh siswa, jadi pihak sekolah yang menentukan akan masuk IPA atau IPS,” beber cowok yang akrab disapa Danil ini.

Sementara menurut Afifah Fadhillah Jasman, Siswi MAN Jeneponto, sebelum memilih jurusan lebih baik melakukan konsultasi ke orang tua dan guru, karena mereka yang lebih mengetahui potensi yang dimilikinya.

Pos terkait