Ini Dia 10 Cara untuk Mengobati Mata Minus Secara Alami

  • Whatsapp
©Thiago Machado/pexels.com

KEKER.FAJAR.CO.ID – Pegal mata, pusing dan hal-hal semacamnya sangat wajar dirasakan oleh penderita rabun mata. Namun jika tidak menggunakan kacamata, penglihatan mu akan sangat terganggu. Terlebih, bagi penderita rabun jauh yang akan kesulitan melihat dalam jarak jauh.

Yapss, mata minus merupakan suatu kondisi di mana mata tidak dapat menangkap bayangan objek jatuh tepat di retina, melainkan di depan retina. Singkatnya, mata minus merupakan sebuah kondisi di mana mata hanya bisa melihat objek secara jelas pada jarak dekat. Mata minus juga disebut dengan rabun jauh atau miopi. Setiap penderita mata minus memiliki tingkat keparahan atau minus yang berbeda-beda.

Dilansir dari laman cekaja.com, jika kondisi minusmu tidak terlalu parah, kamu bisa mengobatinya dengan mengonsumsi atau pun menggunakan bahan-bahan alami. Dan di bawah ini ada beberapa cara mengobati mata minus secara alami, di antaranya:

1.Konsumsi Wortel

Cara mengobati mata minus secara alami yang pertama adalah dengan rutin mengonsumsi wortel. Kamu bisa mengolahnya terlebih dahulu menjadi makanan atau minuman sebelum dikonsumsi. Di antaranya kamu bisa mengolahnya menjadi jus atau pun sup.

Seperti yang diketahui, wortel sejatinya kaya akan kandungan Vitamin A. Di mana, Vitamin A sendiri memiliki kandungan beta-karoten yang mampu memproduksi Vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagi kamu yang kondisi matanya masih bagus, kamu bisa mengonsumsi wortel untuk menjaga dan memelihara mata mu dengan baik.

Sedangkan untuk kamu yang matanya sudah terkena rabun jauh, mengonsumsi wortel dapat mengurangi besarnya minus pada mata. Menariknya, dengan meminum dua gelas jus wortel setiap hari selama satu bulan, kemampuan penglihatan penderita mata minus dapat meningkat secara signifikan.

2.Konsumsi Buah Bit

Cara mengobati mata minus secara alami selanjutnya yaitu dengan rajin mengonsumsi buah bit. Sebab, buat bit dikenal mampu menyembuhkan minus yang tinggi dan sudah parah.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi jus. Agar terasa lebih lezat dan menyegarkan, kamu bisa mencampurkannya dengan buah belimbing atau pun wortel. Selain segar, jus tersebut juga kaya akan khasiat. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika mata minus mu dapat sembuh lebih cepat.

3.Mengonsumsi Daun Sirih

Mengonsumsi daun sirih menjadi salah satu cara mengobati mata minus secara alami. Pasalnya, daun sirih memiliki kandungan minyak esensial yang terdiri dari karvakol, kaviol, sineol, eugenol, serta kadinen.

Kandungan lain yang dimiliki daun sirih di antaranya yaitu minyak atsiri. Di mana, minyak atsiri sendiri terdiri atas zat samak, gula, diatase, kavikol, apti dan seskuiterpen. Untuk kavikol sendiri, ia bermanfaat sebagai pembunuh jamur, bakteri serta antioksidan.

Untuk bisa mengonsumsi daun sirih, kamu bisa mengolah ke dalam dua jenis. Kamu bisa menggunakan daun sirih sebagai masker mata atau merendam mata ke dalam air daun sirih. Jika kamu ingin menggunakan daun sirih sebagai masker mata, cara yang perlu kamu lakukan sangat mudah. Kamu cukup mencuci dua lembar daun sirih dengan air bersih.

Setelah itu, tempelkan daun sirih tersebut ke atas kelopak mata sebelum tidur. Tunggu dan diamkan hingga keesokan paginya, lalu lepas. Sedangkan, jika kamu ingin mengolahnya menjadi cairan daun sirih, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sedikit lebih panjang.

Pertama, bersihkan dua lembar daun sirih dengan air bersih, lalu rendam dengan air di dalam beskom. Kemudian, remas-remas daun sirih tersebut hingga air baskom berubah warna menjadi hijau. Jika sudah begitu, tundukkan kepala mu dan rendam mata secara perlahan. Usahakan kamu membuka dan menutup mata beberapa kali.

Hal tersebut perlu kamu lakukan agar air daun sirih dapat masuk ke dalam mata. Kamu bisa merendam mata mu hingga kurang lebih 30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4.Terapi Lilin

Masuk ke dalam cara mengobati mata minus secara alami versi CekAja.com, terapi lilin dinilai mampu dijadikan sebagai cara mengobati mata minus dengan cepat dan ampuh.

Cara yang perlu kamu lakukan untuk terapi lilin pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan sebatang lilin lalu menyalakannya. Setelah itu, kamu bisa menatap lilin tersebut untuk beberapa menit. Selama proses itu, usahakan kamu tidak berkedip sama sekali.

Kamu bisa menatap lilin hingga air mata mu keluar, lalu hentikan. Untuk mendapat hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan ini beberapa kali dalam seminggu. Namun perlu diingat, jangan lakukan terapi lilin setiap hari, sebab tidak baik untuk kesehatan mata.

Pos terkait