Dua Pelajar SMKN 2 Makassar Ciptakan Robot Otomatis Line Follower Digital

  • Whatsapp
Photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hola gaes, sebagai seorang pemuda, asal mau kreatif kalian bisa ciptain sesuatu menarik dan bermanfaat. Seperti yang dilakukan Siswa SMKN 2 Makassar, Achmad Fauzan dan Rini yang berhasil membuat robot line follower.

Robot yang diberi nama Line Follower Digital ini, dirancang untuk bernavigasi dan bergerak secara otomatis mengikuti sebuah alur garis yang telah dibuat. Robot line follower digital ini, delengkapi sensor photodiode dan LED sehingga ketika robot berjalan dikondisi gelap, sensor masih dapat berjalan dengan baik.

Bacaan Lainnya

Untuk proses pengerjaannya Achmad Fauzan mengaku tidaklah mudah dan butuh waktu lima minggu. Pada proses pengerjaan robot line follower digital ini, alat serta komponen yang diperlukan cukup banyak, sehingga memerlukan ketelitian agar robot dapat berjalan dengan baik. Adapun bagian tersulit yakni mengatur pemrograman robot.

“Untuk waktu pengerjaanya, saya beserta pembimbing saya memerlukan waktu sekitar lima minggu untuk merakit robot ini. Alat dan komponennya juga cukup beragam dari controller, penggerak arduino serta body robot yang memerlukan ketelitian dalam merancang robot ini. Bagian yang cukup sulit bagi kami itu dalam mengisi pemrogramannya,” beber cowok yang akrab disapa Fauzan ini.

Karya robot teman kita juga ini, selain menarik ternyata pernah mengikuti berbagai perlombaan yang digelar beberapa kampus, bahkan keduanya pernah mengikuti kompetisi robot di Semarang. Meskipun belum berhasil menyabet juara, keduanya mengaku bangga sebab dapat mengikuti kompetisi dengan berbagai siswa se-Indonesia.

Pos terkait