Siswa Sekolah Islam Athirah Pelajari Anatomi Tubuh Hewan Melalui Kurban

  • Bagikan
Dok. Pribadi/Humas Sekolah Islam Athirah

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hola Sobat KeKeR, Sekolah Islam Athirah melaksanakan kurban pada hari raya Idul Adha. Melalui kegiatan tersebut, para siswanya bisa mempelajari berbagai hal, termasuk anatomi tubuh hewan lho. Menarik banget, kan.

Yapss, kurban adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam yang memiliki harta berlebih. Di Hari Raya Idul Adha ini, hewan kambing, domba atau sapi akan dikurbankan lalu dibagikan kepada keluarga, tetangga, serta orang-orang yang membutuhkan.

Selain sebagai perayaan hari raya, penyembelihan hewan kurban pada momentum lebaran haji telah menjadi budaya di lingkungan sekolah binaan Yayasan Hadji Kalla ini. Kegiatan tahunan tersebut digelar pada masing-masing unit di tiga wilayah berbeda antara lain wilayah Kajaolalido, Bukit Baruga, dan Bone.

Kepala Departemen Hubungan Masyarakat Sekolah Islam Athirah, Muthmainnah, M.Pd. merinci, untuk wilayah Kajaolalido terdiri dari 11 ekor sapi dan 1 ekor kambing, masing-masing SMA Islam Athirah 1 Makassar berkurban 5 ekor sapi, SMP Islam Athirah 1 Makassar berkurban 3 ekor sapi, dan SD Islam Athirah 1 Makassar berkurban 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Untuk wilayah Bukit Baruga, TK Islam Athirah Bukit Baruga berkurban 1 ekor sapi, SD Islam Athirah Bukit Baruga berkurban 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing, SMP Islam Athirah Bukit Baruga berkurban 2 ekor sapi, SMA Islam Athirah Bukit Baruga berkurban 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing, serta Borading Bukit Baruga berkurban 2 ekor sapi.

Sisanya, SMP dan SMA Islam Athirah Bone berkurban 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

“Dari data yang kami terima, totalnya ada 30 ekor (hewan kurban) tahun ini,” kata Iin sapaan Muthmainnah.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban tersebut juga menjadi wadah edukasi. Sejumlah mata pelajaran terkait dijadikan bahan eksplorasi bagi siswa. Misalnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), siswa ditugaskan untuk memaknai kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam ketaatannya menjalankan perintah Allah SWT.

Pada mata pelajaran lainnya, Biologi, siswa berkesempatan mengeksplorasi lebih dalam anatomi tubuh hewan yang disembelih. Menariknya, siswa dapat melihat bagian-bagian tersebut secara virtual melalui tautan zoom dan tayangan youtube yang telah disiapkan.

Humas Sekolah Islam Athirah

Selain mata pelajaran PAI dan Biologi, mata pelajaran Bahasa Indonesia juga menjadi mata pelajaran yang diintegrasikan dalam mengeksplorasi anatomi tubuh hewan. Dalam materi teks laporan hasil observasi, siswa ditugaskan untuk mengobservasi bagian-bagian tubuh hewan yang disembelih.

  • Bagikan

Exit mobile version