Siswa SMA Katolik Rajawali Harumkan Indonesia di Ajang Internasional

  • Whatsapp
Photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hola Sobat KeKeR, berprestasi itu nggak kenal sikon (situasi dan kondisi). Buktinya, di masa pandemi kayak sekarang, teman kita dari SMA Katolik Rajawali, meraih dua medali emas di kancah internasional. Namanya Daniel Stenly Chandra, cowok dengan segudang prestasi di bidang Biologi, baik tingkat nasional maupun internasional.

Baru-baru ini, Daniel berhasil mengharumkan bangsa Indonesia di International Applied Biology Olimpiad (IABO) 2021. Ia membawa pulang medali emas dan penghargaan The Best Biology Concept yang digelar secara virtual pada April lalu.

Bacaan Lainnya

Lomba yang diikuti oleh 13 negara itu digelar dengan dua babak, babak penyisihan dan babak final. Di babak penyisihan tugasnya membuat jurnal dalam kurun waktu hanya tiga jam dengan materi insulin.“Memang sudah dikasih tau bakalan buat jurnal, tapi temanya dikasih tau pas hari-H. Puji Tuhan bisa menyelesaikan dengan baik meski menguras tenaga dan pikiran,” beber cowok yang hobi melukis itu.

Daniel pun lolos ke babak final dan diminta untuk memecahkan satu dari tiga kasus yang diberikan. Ia memilih kasus osteoporosis dan kasusnya dijawab dalam bentuk power point dengan durasi dua jam untuk dipresentasikan di depan juri yang bergelar profesor. Ia juga harus bisa melewati sesi tanya jawab.“Tak disangka-sangka, dapat perunggu saja sudah bersyukur, tapi tuhan memberi yang terbaik,” ujarnya.

Prestasi yang dicapainya tentunya tak lepas dari disiplinnya belajar, mulai sejak duduk di bangku SD. Doi memang sudah menyukai mata pelajaran Biologi dan cita-citanya menjadi dokter spesialis ortopedi.

Terkait durasi jam belajar doi sangat fleksibel karena menurutnya, percuma belajar delapan jam tapi pahamnya cuma satu jam, jadi kalau fleksibel habis belajar itu bisa kerja yang lain lebih bermanfaat agar tidak terbawa stres.

Pos terkait