Kamu Harus Mengenal FOMO dan Bagaimana Dampak Negatifnya

  • Whatsapp
Photo by Muizzu Khaidir

2.Meningkatkan risiko terjadinya masalah psikologis

Bacaan Lainnya

Penggunaan media sosial secara berlebihan diketahui dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah stres dan terobsesi untuk mempertahankan image atau harga diri mereka di media sosial.

Jika tidak digunakan dengan bijak, penggunaan media sosial secara kurang tepat tidak hanya dapat membuat seseorang mengalami FOMO, tetapi juga meningkatkan risiko munculnya gangguan mental, seperti gangguan cemas dan depresi.

3.Menurunkan rasa percaya diri

Unggahan orang lain di media sosial mungkin membuatmu membandingkan diri dengan orang lain dan menjadi tidak percaya diri karena merasa hidup mereka lebih sempurna. Hal ini bisa menyebabkanmu rentan mengalami stres.

Ingatlah selalu bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, kamu tidak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain, apalagi sampai merasa rendah diri.

4.Mengganggu produktivitas

Jika sudah mengalami FOMO dan kecanduan ponsel, seseorang bisa menjadi lupa diri dan seakan-akan memiliki dunia sendiri karena selalu fokus pada ponselnya di mana saja dan kapan saja. Hal ini bisa membuat seseorang sulit berkonsentrasi saat bekerja atau belajar, sehingga produktivitas dan prestasinya menurun. (*)

Pos terkait