Kamu Harus Mengenal FOMO dan Bagaimana Dampak Negatifnya

  • Whatsapp
Photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Guys, tanpa sadar, kamu mungkin termasuk orang yang mengalami fear of missing out (FOMO). Hal ini berkaitan dengan kecanduan media sosial. So, are you in that feeling?

Yapss, saat ini, hampir setiap orang menganggap ponsel sama pentingnya dengan dompet. Bahkan, tak sedikit orang yang merasa lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan ponsel.

Bacaan Lainnya

Saat menyadari ponsel tidak ada di tas atau saku, beberapa orang akan merasa panik dan cemas. Jika kamu termasuk orang yang tidak bisa dipisahkan sedetik pun dari ponsel, ini bisa jadi tanda bahwa kamu mengalami gangguan yang disebut FOMO.

FOMO ini sendiri sangat berkaitan erat dengan media sosial dan tidak sedikit penggunanya yang berusaha untuk menunjukkan bahwa kehidupannya sempurna, meskipun kenyataannya tidak demikian. Hal ini bisa membuat sebagian orang membandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang lain yang terlihat luar biasa.

Orang yang mengalami FOMO akan merasa tertinggal atau memiliki derajat sosial lebih rendah daripada orang lain. Perasaan ini sering kali menimbulkan kecemasan yang berlebihan terhadap kehidupannya.

Perilaku FOMO juga bisa membuat seseorang merasa tidak berdaya saat tidak memegang gadget dan sangat resah bila tidak terhubung dengan akun media sosialnya walau hanya sebentar.

Dilansir dari laman alodokter, berikut ini dampak negatif dari sesorang yang mengalami FOMO. Cekidot!!

1.Menimbulkan perasaan negatif

Berbagai riset menyebutkan bahwa orang yang terlalu sering melihat postingan foto atau video liburan orang lain akan merasa kurang nyaman dan lebih mudah merasa kesepian.

Survei lain juga menunjukkan bahwa 60% remaja akan merasa khawatir ketika mengetahui temannya bersenang-senang tanpa dirinya. Perasaan tersebut bisa saja muncul akibat FOMO.

Pos terkait