Ini Penjelasan Mengapa Scrolling Medsos Berlebihan Bisa Membuat Kamu Puyeng

  • Whatsapp
photo by Muizzu Khaidir

Menurut Dokter Ahli Neurologis Wirahusada Medical Center, dr Achmad Harun Muchsin, SpN, lama memegang HP sambil memainkannya bisa berisiko membuat leher menjadi tegang dan akhirnya membuat nyeri kepala, apalagi melihat screen cahaya HP dalam jangka waktu yang lama.“Kedua, bisa menyebabkan terjadinya penekanan saraf pada tangan akibat posisi statis dalam memegang HP sehingga muncul kesemutan biasanya pada jari kelingking dan siku,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Harun sapaan akrabnya menambahkan, menurut penelitian, waktu aman bermain HP sangat beragam, namun umumnya rata-rata per hari tidak lebih dari 2jam. “Pertama, biasakan tidak memainkan HP di waktu berkumpul atau bersosialisasi. Kedua, berjanji pada diri sendiri agar mengurangi menggunakan HP. Ketiga, hindari menggunakan HP hanya untuk keperluan yang tidak penting amat, misalnya hanya sekedar melihat timeline media sosial teman-teman,” ujar pria yang hobi traveling itu.

Selanjutnya, atur pengingat waktu screen pada HP anda. Jika terlalu sering membuka aplikasi media sosial tertentu, boleh dicoba meng-uninstall dan kembali membiasakan diri untuk tidak membukanya.

So gaes, buka medsos untuk menghilangkan bosan boleh-boleh aja, tapi kalau berlebihan dampaknya bisa buruk bagi kesehatan loh.(*)

Pos terkait