Pelajar Man 2 Makassar Membuat Cleaner Bot Pembersih Lantai

  • Whatsapp
photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Holaaaaa guys, pelajar MAN 2 Makassar kembali berkreasi. Kali ini, mereka membuat Cleaner Bot alias robot pembersih lantai. Kereeen kan!

Cleaner Bot dengan kepintarannya ini mampu bergerak hingga jarak 5 meter. Cara kerjanya pun sangat praktis, hanya dengan menggunakan remote, robot sudah bisa bekerja hingga ke sudut-sudut ruangan, bahkan ke tempat yang sulit dijangkau sekalipun. Oh iya guys, robot ini dibuat oleh Nabiyl Ahmad Fawzy Muntasir dan Afifah Nur Ramadhani Zakiyah saja. Proses pengerjaannya, memakan waktu dua hari.

Afifah Nur Ramadhani Zakiyah mengaku bahwa pembuatan robot ini tidak gampang dan tidak terlalu sulit. Doski bilang, tingkat kesulitan pembuatannya berada pada proses pemograman. “Jadi sebelum digunakan, program robot ini harus diatur menggunakan laptop terlebih dahulu, setelah itu baru bisa bekerja dengan menggunakan remote,” pungkasnya.

Sementara itu, Nabiyl Ahmad Fawzy Muntasir mengungkapkan, cara kerja Cleaner Bot cukup efektif. Pembersih lantai yang ada di ujung robot dan spons yang berjalan sebagai roda itu mampu membersihkan lantai dengan baik. “Kalau dikasih putar-putar di satu ruangan, maka kurang dari 10 menit, tempat itu sudah bersih,” ungkapnya.

Pos terkait