Ini Cara Agar Mata Kamu Tidak Lelah Karena Terlalu Lama Memandang Gawai

  • Whatsapp
Photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo guys, stay di depan layar handphone atau laptop selama pandemi mungkin udah jadi hal yang lumrah bagi kalangan pelajar. But, kalian sadar nggak sih, dampaknya bagi kesehatan mata gimana yah?

Berada di depan layar memang membosankan. Bukan cuma bikin bosan sih, ternyata dampak belajar online juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata loh. Seperti yang dirasakan Siswa SMAN 5 Gowa, Dimas Akbar Reikardi. Ia mengaku saat ini matanya menjadi mudah lelah dibandingkan saat masih sekolah tatap muka. “Kalau sudah terlalu lama menatap layar laptop biasa tiba-tiba mata kayak capek sekali, kayak berat tapi bukan mengantuk,” beber cowok yang hobi main futsal itu.

Bacaan Lainnya

Cowok yang kerap disapa Dimas itu juga menambahkan, mata kalau lelah tidak bisa dipaksakan karena bisa sakit sampai ke kepala. “Kalau lelah, saya minum air putih dan istirahat sebentar,” pungkasnya.

Bukan hanya Dimas, Siswa SMAN 8 Makassar, Muhammad Aras juga merasakan hal yang sama. Doi bilang, selama pandemi, hampir setiap hari stay di depan layar laptop atau handphone sampai berjam-jam. “Dampaknya mungkin belum terlalu kelihatan. Tapi, saya sudah mulai merasakan perubahan dari kesehatan mata saya yang tidak seperti dulu lagi. Sekarang, kalau kelamaan lihat layar hp, mata kayak kehilangan fokus,” cuap cowok yang kerap disapa Aras itu.

Buat SoKeR, karena harus terus stay di depan layar, jadi kalian harus tahu apa sih yang sebaiknya dilakukan agar nantinya nggak berdampak panjang untuk kesehatan mata kalian.

dr Muhammad Irfan Kamaruddin, MKes SpM, Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Mata FK Unhas mengatakan, bahwa benar kalau aktivitas menatap layar laptop atau gawai dalam waktu yang cukup lama dapat berdampak negatif pada mata. “Gejalanya bisa berupa mata terasa tegang, mata kering, penglihatan kabur hingga menyebabkan nyeri kepala,” ungkapnya.

Pos terkait