Ini Dia Guys Ragam Budaya yang Biasa Dilakukan Pada Hari Maulid Nabi

  • Bagikan
photo by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haloo guys, kalian harus tahu, perayaan hari maulid Nabi Muhammad bagi umat Islam bukan sesuatu yang biasa loh. Ternyata, banyak kebiasaan-kebiasaan unik yang terjadi diperayaan kelahiran Nabi itu.

Yup, seperti yang kita tahu, perayaan maulid selalu identik dengan kreasi telur. But, dibalik kreasi-kreasi itu, ada perayaan lain yang nggak kalah serunya loh guys.

Seperti Siswi SMAN 4 Makassar, Marni bilang, setiap perayaan maulid di majelis zikir Ar-rohman selalu mengadakan Hadroh sebagai bentuk untuk memeriahkan acara. “Hadroh itu adalah qasidah yang dilakukan oleh laki-laki. Jadi, yang nyanyi ataupun pukul gendang itu semuanya laki-laki,” ungkapnya.

Marni juga menambahkan, Hadroh adalah salah satu kegiatan yang dilakukan setiap tahun pada saat perayaan maulid nabi dan menjadi acara yang selalu paling meriah.

Komentar lain juga datang dari Siswi SMAN 5 Gowa, Dwi Mulya Citra R mengatakan, bahwa budaya di kampungnya saat perayaan maulid nabi adalah dengan mengarak paket makanan menggunakan perahu di sungai.

“Kebiasaan ini sudah ada sejak dulu. Jadi, kita membuat kreasi-kreasi makanan termasuk telur, kemudian kita melakukan arak-arakan di sungai,” pungkasnya.

  • Bagikan