[Lomba Menulis] Belajar Daring Tak Seindah Belajar Tatap Muka

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai, nama saya Ilham. Aku merupakan salah satu pelajar yang duduk dibangku kelas 11 SMA. Aku akan bercerita tentang pengalamanku selama belajar dari rumah. Aku sudah 2 tahun belajar dari rumah setelah kabar kehadiran virus corona atau sering dikenal dengan Covid-19 muncul. Yah aku sangat terpukul mendengar kabar ini  karena pembelajaran tatap muka di sekolah di tunda bahkan sekolah- sekolah ditutup. Sungguh aku sangat terkejut dengan apa yang telah terjadi di dunia ini.

Hah… kini semua terasa berbeda, aku memikirkan pembelajaran yang sedang aku jalani yaitu belajar daring online. setiap hari aku hanya menatap layar smartphone sebagai papan tulis dan berjumpa dengan teman-teman serta guru-guru melalui zoom meating. Meskipun semuanya telah berubah 360 derajat tapi dibalik semua itu ternyata dapat menambah wawasan kita, yang dulunya kita tidak kenal dengan aplikasi MEET, ZOOM, CLASSROOM, MICROSOF TEAMS dan lain-lain, sekarang kita sudah kenal dengan aplikasi tersebut bahkan kita sudah menggunakannya selama belajar daring online.

Meskipun kita sudah menggunakan aplikasi canggih tapi tetap saja materi yang dijelaskan oleh guru biasanya sulit untuk di pahami karena waktu yang terbatas serta kurangnya penjelasan materi dari guru. Biasanya guru cuman memberikan video dan tugas tanpa menjelaskan tugas apa yang ia berikan.

Oiya .. dulu aku juga pernah melakukan hal konyol saat belajar online seperti tertidur saat pembelajaran dimulai, makan-makan dengan mengaktifkan camera meet dan zoom, bahkan aku tidak mandi hanya cuci muka dan memakai seragan itu pun bawahannya hanya celana pendek. Selain itu belajar daring juga sangat berpengaruh dengan berbagai masalah, terutama masalah internet yaitu : mahalnya kouta internet yang dipakai. Jadi kehadiran para siswa siswi tergantung pada kouta internet.

  • Bagikan