[Lomba Menulis] Surat untuk Gubernur

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Ahad, 10 Oktober 2021

Yth.

Bapak Gubernur Sulawesi Selatan

Di tempat

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh…..

Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak karena telah memberi saya kesempatan untuk menyampaikan pengalaman pribadi saya selama mengikuti pembelajaran secara daring. Izinkan saya memulainya, Pak.

Pandemi covid-19 pertama kali terjadi saat saya masih duduk di bangku SMP, tepatnya pada jenjang terakhir. Pembelajaran jarak jauh akibat hal tersebut pun terpaksa membuat saya tak bisa lagi betul-betul duduk di bangku kelas, melainkan hanya memilih tempat duduk sebebasnya di rumah asalkan dapat menyimak pembelajaran dengan baik walau dibatasi oleh layar gadget. Kini saya telah terdaftar sebagai siswa kelas 2 SMA. Itu artinya, pandemi telah berlangsung selama hampir dua tahun. Tidak terasa ya, Pak. Banyak hal telah dilalui selama kurun waktu tersebut.

Berbicara mengenai pengalaman belajar daring tentu tak lepas dari suasana kelas yang dirasakan. Entah mengapa, semuanya terasa lebih menegangkan selama kondisi online. Tak jarang saya dibuat panik oleh jaringan internet yang terputus saat saya baru saja mengakses aplikasi Zoom, ataupun khawatir ketika suara mesin las di sekitar rumah berbunyi dengan nyaring pada saat saya dipersilakan untuk berbicara, dan masih banyak lagi. Bahkan, untuk menyahut saat absen saja sudah membuat jantung berdegup tak karuan seakan sedang menaiki wahana roller coaster.

  • Bagikan