Keren! MTsN 1 Makassar Ciptakan Robot Pemilah Sampah Otomatis

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haloo Sobat KeKeR, ide serta inovasi menakjubkan kembali datang dari teman kita pelajar MTsN 1 Makassar. Mereka menciptakan robot yang dapat memilah sampah secara otomatis. Daebak!

Pencipta robot tersebut adalah Muhammad Furqan Akbar, Maharani Putri Mulya, dan Nur Elyssah Salam. Robot yang mereka ciptakan ini diberi nama Stared Waste Bin (SWaB). Menggunakan sensor membuat robot dapat memilah sampah berdasarkan sifatnya. Sampah yang memiliki sifat logam dan non logam akan dipisahkan sesuai dengan jenisnya ke wadahnya sendiri, sehingga memudahkan untuk mendaur ulang lagi deh sampah tersebut.

Inovasi dari ketiga teman kita ini bisa menjadi salah satu upaya memerangi permasalahan lingkungan khusunya dalam memberantas permasalahan sampah yang berserakan. Hebatnya lagi nih guys, mereka merancang robot ini hanya dalam waktu satu minggu.

Muhammad Furqan Akbar bilang, kalau ide membuat Robot SWaB ini lahir dari diskusi timnya yang mana mereka merasa resah dengan permasalahan lingkungan yang ada di sekolahnya, sejak saat itu lahirlah ide brilian tersebut. “Sejak pertama kali diskusi tim, ide kami muncul dari keresahan yang ada dalam diri kami, yang mana kami melihat masih banyak yang tidak memperhatikan permasalahan lingkungan di sekolah. Masih ada yang membuang sampah sembarangan, dan tidak memilah sampah saat membuangnya. Maka dari sejak itu lahirlah ide ini lalu kami rancang robotnya dibantu dengan pelatih,” beber cowok yang akrab disapa Furqan ini.

Meski robot yang mereka ciptakan saat ini dapat berjalan dengan optimal, Furqan bilang akan terus mengembangkan robot tersebut dengan melengkapi beberapa fitur lagi. Sehingga, tidak hanya bisa menjadi prototipe tetapi dapat digunakan secara luas terkhusus di sekolahnya.”Ke depannya tenaga robot akan di ganti yang sebelumnya hanya menggunakan baterai. Juga akan ditambahkan beberapa fitur seperti scan kartu yang dapat mengetahui siapa pembuang sampah dengan tepat pada tempatnya lalu, diberi point dan diberi reward,” tambahnya.

  • Bagikan