Kanreang Bale, Olahan Kulit Pisang Jadi Pakan Ikan ala Siswa SMK SMAK Makassar

  • Bagikan
Photos by Muizzu Khaidir

KEKER.FAJAR.CO.ID – Holaaa guys, eh, kalau nemu kulit pisang jangan langsung dibuang ya SoKeR. Kalau diolah dengan baik, bisa bermanfaat loh!

Sebuah inovasi pemanfaatan limbah kulit pisang datang dari siswa SMK SMAK Makassar. Mereka berhasil menyulap kulit pisang jadi makanan ikan. Kereeen kan!

Dinamai, Kanreang Bale, temuan kawan kita, Andi Muhammad Rifqy Thoriq Fahrezi dan teman-temannya sekaligus membantu pengurangan limbah yang makin hari makin sulit terkendali. Tetapi, Kanreang Bale yang terbuat dari bahan utama limbah kulit pisang ini bukan untuk sembarang ikan yah guys. Kanreang Bale ini dibuat khusus untuk pakan ternak ikan nila yang membutuhkan kadar protein dan lemak yang lebih.

Andi Muhammad Rifqy Thoriq Fahrezi menjelaskan, bahwa kadar lemak dan protein kulit pisang sesuai dengan kebutuhan ikan nila.Namun, pakan ikan yang dibuatnya tidak murni limbah kulit pisang. Beberapa komposisi lain seperti kopra atau kelapa kering, tepung tapioka, ampas tahu, air, tepung jagung, dan vitamin C juga digunakan.

Cara membuatnya terbilang sederhana. Kulit pisang dikeringkan sampai betul-betul kering hingga kadar proteinnya bertambah. Setelah memenuhi standar, lalu disatukan dengan bahan lainnya dan diolah menjadi adonan seperti adonan kue yang kemudian dicetak menggunakan alat cetakan.

  • Bagikan